Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 14 pebasket putri telah dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) tahap kedua tim nasional basket U-18 Putri yang berlangsung mulai 28 April di Bali, kata PB Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Keempabelas atlet basket itu adalah Yualita Rency Novia, Shinta Salsabila Syifa Nugroho, Ratu Sabrina Amaury Poedjakusuma, Putu Kezia Angelie Setiawan, Nelvina Sally Utomo.

Kemudian, Nathania Nicole Sasongko, Keira Hammabel Hadinoto, Kartika Hatta Mahanani, Joanne Giovanni, Jennifer Collin, I Gusti Ayu Krisabela, Caylee Michelle Koesnadi. Lalu Berlian Yesi Triutari, dan Anggita Yuliani Putri.

“Promosi dan degradasi tetap ada. Jika 14 nama yang dipanggil ini tidak perform, ya tidak menutup kemungkinan akan memanggil nama lain yang sudah tercoret atau di luar itu untuk ikut TC,” kata General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan.

Keempat belas atlet itu adalah bagian dari 18 atlet yang mengikuti TC tahap pertama. Empat lainnya tidak masuk TC tahap kedua. Mereka adalah Komang Mariani Puteri Sekar Sari, Michaela Vianca Pangaribuan, Mabekou Talla Valerie, dan Anggun Annaila Zahra.

Dengan menggunakan sistem promosi degradasi, pelatih Bambang Adianto Pribadi telah berpesan kepada pemain bahwa para pemain yang tercoret juga harus tetap menjaga kondisi fisik karena membuka kemungkinan masih dipanggil kembali.

Baca juga: Timnas U-17 sempatkan nonton Piala Dunia Basket sebelum lawan Korsel

Timnas Basket U-17 Putri disiapkan untuk menghadapi SEABA U-18 yang juga ajang kualifikasi FIBA U-18 Asia Cup 2024.

“Dari seleksi ini, nanti yang dibawa ke SEABA U-18 sebanyak 12 pemain. Jadi, TC tahap kedua ini sudah fokus mencari pemain 12 terbaik untuk SEABA U-18 dan FIBA U-18 Asia Cup 2024,” terang Dedy.

Dedy mengharapkan pemusatan latihan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemain untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Kami berharap para pemain memaksimalkan kesempatan ini sebaik mungkin karena kesempatan tidak datang dua kali. Jadi tunjukkan yang terbaik," ucap Dedy.

SEABA U-18 diadakan pada 24-26 Mei 2024 di Ratchaburi, Thailand, sedangkan FIBA U-18 Asia Cup 2024 digelar di Shenzhen, China, pada 24-30 Juni 2024.

Baca juga: SEA Games hari ke-8, sepak bola dan basket bidik hasil sempurna

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024