Jika sudah masuk pasar Singapura, maka produsen makanan akan mudah untuk masuk ke pasar-pasar luar negeri lainnya
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memfasilitasi tiga usaha mikro dan kecil (UMK) binaan berpartisipasi dalam ajang pameran International Food and Hotel Asia (FHA) Food & Beverage 2024 di Singapura.

Tiga UMK tersebut sebelumnya terpilih sebagai pemenang program Gerakan Dorong (Gedor) Ekspor Inkubator.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan melalui pameran tersebut, tiga UMK binaan diharapkan dapat memperluas pasar di luar negeri.

Ketiga UMK yang mengikuti pameran di Singapore Expo, Convention & Exhibition Centre, Singapura, pada 23-26 April 2024 itu yaitu Domba Coffee, Kunikita Persada (Ciomy), dan PT Tartaruga Food Indonesia.

Pelindo juga membawa dua produk UMK binaan lainnya, yaitu kopi dari PT Ingpawon Sukses Selaras dan Sundanika Indonesia, yang merupakan UMK yang memiliki produk berorientasi ekspor.

"Kehadiran ketiga UMK binaan di pameran ini adalah bagian dari program Gedor Ekspor UMK yang sudah dijalankan sejak 2022. Kami membiayai penuh program inkubasi bagi UMK binaan, termasuk untuk ikut dalam pameran di dalam dan luar negeri," kata Ardhy.

Sementara itu, Department Head TJSL Pelindo Febrianto Zenny menjelaskan program Gedor Ekspor Inkubator didesain untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pelaku UMK dalam menjaring pasar di luar negeri.

Melalui program itu, para pelaku UMK dikurasi dan mengikuti berbagai pelatihan seperti peningkatan nilai produk, literasi keuangan, perlindungan merek, branding serta perluasan akses pemasaran.

Sedangkan, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, yang meresmikan Pavilion Indonesia dalam pameran FHA itu memberi pesan agar UMK tetap menjaga kehigienisan produk.

Jika sudah masuk pasar Singapura, maka produsen makanan akan mudah untuk masuk ke pasar-pasar luar negeri lainnya.

FHA Food & Beverage 2024 merupakan pameran perdagangan makanan dan minuman internasional terkemuka di Asia.

Pameran FHA Food & Beverage 2024 dibuka oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian, Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda Singapura Low Yen Ling.

Saat pembukaan, sejumlah pejabat juga ikut meramaikan pameran tersebut, di antaranya Vice President, Informa Markets (Asia) Ian Roberts; Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Singapura Norbert Riedel; dan President and CEO, Messe Düsseldorf GmbH Wolfram Diener.

Baca juga: Pelindo tingkatkan koordinasi agar pelayanan arus balik optimal
Baca juga: UMKM binaan SPJM Pelindo ramaikan bisnis kuliner di Kota Makassar
Baca juga: Pelindo dukung batik warisan budaya dengan bawa UMK binaan ke pameran

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024