Penampilan kami benar-benar sedang menunjukkan grafik meningkat, karena kami bertekad memenangi setiap pertandingan
Turin (ANTARA News) - Hai Juventini, berbahagialah karena ada jejak perjuangan tak kenal menyerah di balik jatuh bangun pertempuran Juventus ketika mengarungi samudera sepak bola yang kerapakali terguncang ombak besar.

Kesungguhan hati berbuah sukacita, dan harapan berbuah sukacita pula, inilah kredo Juventus.

Juventus menyadari bahwa memimpin klasemen Serie A menuntut kerja tiada henti dan karya tiada mengenal lelah. Kini mereka ditantang Udinese dalam laga Serie A yang digelar di Juventus Stadium, Senin dini hari, pukul 00.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh TVRI.

Juventus memegang tongkat komando Serie A dengan menundukkan Livorno lewat gol yang dilesakkan oleh Fernando Llorente dan Carlos Tevez dalam duel yang sengit.

Capaian itu jelas-jelas mendongkrak kepercayaan diri skuad Juventus ketika menghadapi Udinese. Pasukan Antonio Conte tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir.

Pasukan Udinese asuhan Francisco Guidolin tampil tidak konsisten ketika mengawali musim kompetisi, dengan torehan empat kali menang dari enam pertandingan yang mereka lakoni.

Pekerjaan rumah Guidolin makin bertumpuk, karena pemain depan asal Kolombia Luis Muriel yang telah menyumbangkan tiga gol dari 12 gol yang dikemas klub manakala berlaga di Serie A. Muriel akan absen ketika menyambangi Juventus Stadium, karena ia mengalami cedera otot.

Kapten Udinese, Antonio Di Natale berharap dapat memotivasi rekan-rekannya satu tim untuk bahu membahu menyulitkan laju serangan barisan depan Juventus. Pemain berusia 36 tahun itu membentangkan asa positif beroleh poin ketika berlaga di Turin.

"Kami telah berada di jalur yang benar dengan tampil bersemangat manakala melawan Fiorentina dan Catania. Pertandingan di Turin ini bakal berlangsung sengit, tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin," kata mantan pemain timnas Italia itu.

Kini, Juventus sedang berada di atas angin dengan angin sepoi-sepoi karena beroleh hasil gemilang setelah mengalahkan Copenhagen di ajang Liga Champions, dengan Arturo Vidal mencetak hat-trick. Raihan itu mengukuhkan Vidal sebagai pemain yang telah mengoleksi 10 gol di semua kompetisi musim ini.

Jelas, bahwa Carlos Tevez akan mengancam lini pertahanan Udinese. Pemain asal Argentina itu telah menyumbang sebanyak 25 persen dari seluruh gol yang dikemas Juventus selama musim ini. Ia telah bermain sebanyak 13 laga sejak hengkang dari Manchester City.

Conte naga-naganya memasang kembali Stephan Lichsteiner dan Andrea Barzagli, meski mantan pemain Udinese, Mauricio Isla, Sebastian Giovinco dan Simone Pepe masih diliputi tanda tanya, sementara Kwadwo Asamoah terkena larangan bertanding karena terlibat perkelahian.

Komentar kedua pelatih:

Antonio Conte (Juventus):
"Penampilan kami benar-benar sedang menunjukkan grafik meningkat, karena kami bertekad memenangi setiap pertandingan."

Francesco Guidolin (Udinese):
"Kami berangsur mampu memulihkan kepercayaan diri, dan kami perlahan mampu tampil dengan gaya bermain yang mumpuni. Hanya saja, kami sekarang perlu terus mempertahankan semangat itu, meski pertandingan di Turin nanti bakal berlangsung sulit dan ketat."

Prakiraan susunan pemain:

Juventus (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang); Caceres, Bonucci, Chiellini; Padoin, Pogba, Pirlo, Vidal, De Ceglie; Tevez, Llorente

Udinese (4-2-3-1):
Brkic (penjaga gawang); Heurtaux, Danilo, Domizzi, Gabriel Silva; Pinzi, Allan; Basta, Pereyra, Bruno Fernandes; Di Natale
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Juventus 2-0 Udinese (27,23 persen)
* Juventus 3-0 Udinese (25,12 persen)
* Juventus 3-1 Udinese ( 7,98 persen)

Head to Head:

Serie A:
19 Jan 2013     Juventus 4 - Udinese 0     
 2 Sep 2012     Udinese 1 - Juventus 4     
28 Jan 2012     Juventus 2 - Udinese 1     
21 Des 2011     Udinese 0 - Juventus 0     
30 Jan 2011     Juventus 1 - Udinese 2     

Lima laga terakhir:     

Juventus:
27 Nov 2013    Juventus 3 - Copenhagen 1    UCL
24 Nov 2013    Livorno 0 - Juventus 2    SR-A
10 Nov 2013    Juventus 3 - Napoli 0    SR-A
5 Nov 2013    Juventus 2 - Real Madrid 2    UCL
2 Nov 2013    Parma 0 - Juventus 1    SR-A

Udinese:
24 Nov 2013    Udinese 1 - Fiorentina 0    SR-A
9 Nov 2013    Catania 1 - Udinese 0    SR-A
3 Nov 2013    Udinese 0 - Inter 3    SR-A
30 Oct 2013    Sassuolo 1 - Udinese 2    SR-A
27 Oct 2013    Udinese 0 - Roma 1    SR-A

Narasi prediksi:

* Juventus menerima suntikan moral bertanding setelah mengalahkan Copenhagen dengan skor 3-1 di ajang Liga Champions. Mereka bakal tampil bersemangat ketika menghadapi Udinese.

* Udinese kerapkali menjadi bulan-bulanan bagi Juventus. Skuad berjuluk si Nyonya Tua berpeluang menekuk Udinese yang berjuluk Le Zebretta.

* Pelatih Conte jelas-jelas tidak ingin kehilangan momentum manakala tim asuhannya sedang berada di atas angin. Juventus telah punya "merk dagang" sebagai tim yang tampil pantang menyerah dengan semangat membara siapa pun lawannya.

* Di tataran domestik, Juventus yang berjuluk Vecchia Signora terus melaju sebagai tim yang kian kuat dan kian tangguh menahan laju gempuran lawan. Posisi di peringkat pertama klasemen Serie membuktikan bahwa skuad asuhan Conte ini tidak dapat dipandang sebelah mata.

* Virus yang sedang merasuk Udinese yakni tampil tidak konsisten. Mereka sebenarnya mampu menunjukkan manuver pergerakan yang cepat, hanya saja mereka kerapkali kurang punya "stamina" menjalin kerjasama padu antar lini.

* Tampil di kandang Juventus, dapat saja membebani mental bertanding pasukan Udinese. Dan Bianconeri bukan tidak mengancam lawan. Rekor laga kandang Udinese kurang menjanjikan, karena mereka hanya menang satu kali dalam enam pertandingan.

* Apakah pelatih Guidolin punya resep cespleng menghadapi skuad Conte yang tengah beringas melabrak setiap lawan?

Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
Juventus: 2
Udinese: 0

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013