Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial berkolaborasi dengan ratusan desainer muda yang tergabung dalam Tata Rupa Nusantara menyelenggarakan Designer Summit 2024 guna memajukan berbagai produk UMKM milik penerima manfaat program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena).
 
Acara yang diselenggarakan di Kementerian Sosial Salemba, Jakarta Pusat pada Jumat tersebut melibatkan sebanyak 175 desainer muda yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa dari 12 institusi pendidikan di Indonesia.
 
“Ya yang kalian mahasiswa jangan takut, yang penting jangan lupa kuliahnya. Karena itu ayo para desainer semangat terus, ubah dunia ini melalui desain apapun. Melalui desain ini bisa buat orang lebih bahagia, dan orang akan lebih banyak bisa bersahabat dengan orang lain,” kata Mensos  Tri Rismaharini di Kantor Kementerian Sosial Salemba, Jakarta Pusat pada Jumat.
 
Tidak hanya itu, ia juga mengatakan kegiatan tersebut menjadi wadah bagi para anak muda untuk ikut berkontribusi dalam memajukan berbagai produk UMKM yang merupakan penerima manfaat program Pena.

Baca juga: Mensos Risma tekankan kekuatan merek produk kepada KPM Pena 
 
Pasalnya, pihaknya menilai jumlah penerima manfaat program Pena kini semakin bertambah sehingga perlu adanya percepatan dalam mengemas dan memasarkan berbagai produk yang sudah mereka hasilkan, khususnya untuk menembus pasar menengah atas agar keuntungan mereka bertambah signifikan.
 
Ia menilai produk dengan merek yang bagus dan meyakinkan sudah terbukti berhasil mengangkat penerima manfaat Pena dari kemiskinan sebab membawa hasil penjualan produk yang signifikan.
 
Hal tersebut terlihat dari program Pena yang tahun ini berhasil meluluskan 11.260 keluarga dari kemiskinan ekstrim per Maret 2024 dengan indikator adalah mereka yang belasan ribu tersebut kini memiliki pendapatan di atas upah minimum kabupaten/kota (umk).

Adapun kedua belas institusi yang ikut dalam Designer Summit 2024, diantaranya ialah London School of Public Relations (LSPR), Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik LP3I Jakarta, Raffles College, Universitas Bunda Mulia, Universitas Esa Unggul, SMK Negeri 31 Jakarta dan lainnya.
 
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024