Shaoxing (ANTARA) - Cangqiao Zhijie, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai Jalan Lurus Cangqiao, merupakan sebuah situs sejarah dan budaya yang bercirikan rumah-rumah kuno dengan gaya unik. Mencakup area seluas 0,064 kilometer persegi, jalan sepanjang 1.500 meter ini dapat ditelusuri kembali ke masa Dinasti Song (960-1279).

Berbagai upaya restorasi dan perlindungan telah berlangsung di situs tersebut sejak 1990-an.


Diberi nama resmi Cangqiao Historical Street oleh UNESCO, situs ini dianugerahi Merit Award dari UNESCO 2003 Asia-Pacific Heritage Awards untuk Konservasi Warisan Budaya. Selesai
 
Seorang petugas memandu pelanggan untuk membayar melalui ponselnya untuk kopi spesial yang dibumbui dengan anggur beras kuning di sebuah toko di Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 20 Februari 2024. (ANTARA/Xinhua/Weng Xinyang)
 
Foto yang diambil pada 13 Maret 2024 ini menunjukkan wine beras kuning di sebuah toko di Cangqiao Straight Street di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China timur. (ANTARA/Xinhua/Weng Xinyang)
 
Wisatawan mengunjungi Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 20 Februari 2024. (ANTARA/Xinhua/Weng Xinyang)
 
 
Wisatawan berfoto di Jalan Lurus Cangqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China timur, 24 April 2024. (ANTARA/Xinhua/Weng Xinyang)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024