Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meraih penghargaan sebagai BUMN penyelenggara bazar terbaik dalam kategori "Kreativitas Acara Terbaik" pada kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam acara pembukaan Kelana Wastra Fashion Fest Untuk Indonesia 2024 (KAWFEST 2024) di Jakarta.

Direktur Investasi Pelindo Boy Robyanto hadir dalam acara tersebut sebagai perwakilan perusahaan yang menerima penghargaan.

"Penghargaan ini memacu Pelindo untuk meningkatkan kualitas kreatifitas penyelenggaraan acara dalam mendukung promosi UMKM di Indonesia. Kami berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan usaha kecil dan menengah, yang dimanifestasikan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan," kata Boy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Boy, program TJSL Pelindo berfokus pada tiga prioritas, yakni pendidikan, lingkungan, dan pengembangan usaha mikro kecil (UMK).

Dalam hal pemberdayaan UMK, Pelindo memiliki program khusus, yaitu Maritimepreneur, UMK-Akselerator, dan Gerakan Dorong (Gedor) Ekspor.

"Dukungan Pelindo terhadap UMK merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs, khususnya poin ke-8, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif serta pekerjaan yang layak," ujar dia.

Dengan mengikutsertakan UMK binaan dalam Bazar UMKM untuk Indonesia, ia mengharapkan UMK binaan Pelindo memiliki peluang yang lebih luas memasarkan produk-produk unggulannya, termasuk untuk ekspor.

"Langkah konkret lainnya adalah dengan menempatkan beberapa produk unggulan UMK binaan di toko Local Pride Spot yang berlokasi di Pelindo Tower. Local Pride Spot menjadi etalase yang menawarkan berbagai produk terbaik mitra binaan Pelindo dari seluruh Indonesia," kata Boy.

Diketahui, Kementerian BUMN menggelar Kelana Wastra Fashion Fest 2024 (KAWFEST 2024) yang dilaksanakan pada 25-28 April 2024 di Sarinah, Jakarta bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

KAWFEST merupakan acara peragaan busana perdana yang digelar oleh Kementerian BUMN. KAWFEST 2024 mengusung tema wastra, yakni nama lain untuk menyebut kain tradisional khas Indonesia.

Baca juga: Komisi VI DPR harap Bali Maritime Tourism Hub pulihkan ekonomi
Baca juga: Tiga UMK binaan Pelindo ikuti ajang FHA Food & Beverage Singapura
Baca juga: Pelindo Regional 4 catat jumlah penumpang dan balik 667.012 orang

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024