Kami dari Pemkab Jembrana mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun daerah ini agar maju dari berbagai sisi
Jembrana, Bali (ANTARA) -
Peringatan Hari Buruh di Kabupaten Jembrana, Bali diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan hiburan seperti jalan santai, donor darah, pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta konser musik.
 
"Kami mendukung kegiatan peringatan Hari Buruh di Jembrana yang diisi berbagai kegiatan positif seperti donor darah dan pameran produk UMKM," kata Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menghadiri peringatan Hari Buruh di Gedung Kesenian Ir Soekarno di Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan bagikan bantuan sembako sambut Hari Buruh
 
Ngurah Patriana berharap, momentum Hari Buruh bisa dibarengi dengan sinergi antara pekerja, pengusaha dan pemerintah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat daerah tersebut.
 
Menurut dia, hubungan kerja yang sehat antara buruh dan pengusaha akan meminimalisir konflik industrial yang sebenarnya sama-sama merugikan kedua belah pihak.
 
"Antara pekerja, pengusaha dan pemerintah harus senantiasa menjaga komitmen dengan mengedepankan profesionalisme dan hubungan kerja yang sehat," katanya.
 
Kepada buruh dan pengusaha, dia berpesan agar saling menghargai dan saling menunaikan kewajiban masing-masing. "Masing-masing pihak juga harus menghargai hak-hak dan memberikannya secara proporsional," katanya.
 
Patriana juga menekankan, agar seluruh pihak menepati perjanjian yang telah disepakati dengan jujur dan bertanggung jawab.
 
"Kami dari Pemkab Jembrana mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun daerah ini agar maju dari berbagai sisi," katanya.

Baca juga: Kapolri komitmen lindungi hak buruh bentuk tim khusus
 
Puncak Hari Buruh di Kabupaten Jembrana dihadiri Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Bali, KSPSI kabupaten/kota serta APINDO.
 
Hadirnya unsur pengusaha dalam peringatan Hari Buruh, kata Patriana, bisa dijadikan momentum untuk membangun komitmen kerja dengan buruh.
 
"Kedua belah pihak harus saling menyadari dan bekerja untuk kemajuan bersama. Jika perusahaan maju dan memiliki komitmen yang kuat untuk pekerjanya, itu akan membawa kesejahteraan bagi buruh," katanya.
 
Kemajuan di sektor industri, kata dia, akan membawa dampak positif bagi Jembrana dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.
 
"Jika semua bisa berjalan selaras, masyarakat akan merasakan nilai-nilai positif sehingga target Jembrana Emas Tahun 2026 akan tercapai," katanya.
 
Peringatan ini dilakukan selama dua hari sejak Selasa (30/4) sampai tanggal 1 Mei yang merupakan puncak dari peringatan Hari Buruh yang diisi jalan santai serta sejumlah hiburan.

Baca juga: Peringati Hari Buruh, Polres Bandara Soetta gelar baksos dan bakkes

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024