Jakarta (ANTARA) - Selebriti Titi Kamal membagikan pengalaman pribadinya bersama keluarga menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Arab Saudi, tidak hanya di lokasi-lokasi untuk kegiatan keagamaan.

Titi Kamal mengatakan Arab Saudi memiliki berbagai destinasi wisata yang indah selain Makkah dan Madinah, melainkan ada juga di Jeddah, Riyadh hingga AlUla.

"Banyak banget destinasi untuk kita eksplor di Arab Saudi. Ada tempat-tempat yang tidak kalah indah, yang menawarkan berbagai kegiatan," kata Titi Kamal di sela acara 'Visit Indonesia, Beyond Umrah' yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Arab Saudi gelar pameran "VISIT SAUDI, BEYOND UMRAH" di Jakarta

Baca juga: 5 destinasi teratas Arab Saudi untuk masuk dalam daftar perjalanan


Ia mengatakan, selain ritual keagamaan seperti umrah dan haji, Arab Saudi juga menawarkan sejumlah aktivitas wisata seperti camel riding, desert safari, dan mengunjungi situs-situs budaya dan sejarah.

Usai melakukan Umrah beberapa waktu yang lalu, ia bahkan diminta Saudi Tourism Authority (STA) atau Otoritas Pariwisata Arab Saudi untuk membagikan pengalamannya selama berada di Arab Saudi.

Titi Kamal menjelaskan, Otoritas Pariwisata Arab Saudi memberikan penawaran perjalanan eksklusif kepada masyarakat Indonesia melalui Roadshow NUSUK, sebuah platform digital terintegrasi resmi pertama Saudi yang menawarkan semua peziarah dan pengunjung sebuah perencanaan perjalanan yang mudah digunakan untuk perjalanan mereka ke berbagai destinasi.

Melalui tagline 'Visit Saudi, Beyond Umrah', STA melibatkan agen perjalanan dan operator tur Indonesia untuk memberikan diskon khusus, penawaran cashback, promo beli 5 gratis 1, rencana pembayaran dengan cicilan 0 persen, hingga voucher tur.

"Pengalamannya bahagia banget di Arab Saudi, pengalaman yang sangat magical. Sekarang ada penawaran menarik di Kota Kasablanka," katanya.

Pada kesempatan yang sama, President of Saudi Tourism Authority Alhasan Aldabbagh mengatakan bahwa penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa dalam waktu 24 jam.

Visa ini akan berlaku selama satu tahun dengan multiple entries sehingga proses menjadi mudah dan terjangkau bagi para wisatawan.

"Kini proses visa telah disederhanakan, dengan visa umrah diperpanjang hingga 90 hari dan diperkenalkannya visa transit 96 jam, yang memungkinkan pemegang visa umrah memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajah," kata Alhasan Aldabbagh.

Ia mengatakan, wisatawan dapat memperoleh visa melalui Aplikasi NUSUK, agen perjalanan Indonesia yang berlisensi, atau empat kantor VFS Tasheer di Jakarta.

Selama Roadshow, Arab Saudi mempersembahkan pengalaman umrah+ yang menawarkan perjalanan di luar ibadah spiritual.

Dengan perjalanan Al Hijrah, Arab Saudi menawarkan perjalanan yang mencakup berbagai tempat di antaranya Gunung Thawr, Qaim Maqam, Al-Ghula, Tenda Um Maabad, Gunung Warqan, dan berbagai tempat lainnya.

Selanjutnya, Ekspedisi Wanita Arab Saudi selama 12 hari yang membantu wanita dan mendukung bisnis milik perempuan.

Arab Saudi merupakan salah satu negara G20 teraman dan kota Madinah mendapatkan peringkat keselamatan tertinggi untuk perjalanan solo bagi pengunjung perempuan di seluruh dunia.

Adapun NUSUK Roadshow bertajuk 'Visit Saudi, Beyond Umrah' berlangsung di Mal Kota Kasablanka Jakarta mulai 1 Mei hingga 5 Mei 2024.

"Para wisatawan dapat menjelajahi dengan percaya diri. Pembicaraan dengan pihak maskapai penerbangan juga sedang berlangsung untuk memperluas jaringan konektivitas, termasuk rute ke Riyadh dan Dammam," ujarnya.

Baca juga: Arab Saudi mempopulerkan daya tarik wisata negaranya ke Indonesia

Baca juga: STF bawa 100 perwakilan industri untuk berdayakan pariwisata Saudi

Baca juga: Rasakan keajaiban situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024