Jakarta (ANTARA) - Para peneliti telah menemukan kaitan menarik antara sebuah asam lemak omega-6 yang ditemukan dalam telur, unggas, dan makanan laut dengan risiko tereduksi untuk gangguan bipolar.

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang drastis, mulai dari puncak emosional yang intens (mania atau hipomania) hingga ke surut (depresi).

Dikutip dari Medical Daily, Kamis, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penyakit bipolar sangat dipengaruhi oleh genetika, tetapi penyebab yang tepat belum diketahui.

Baca juga: Studi: OCD dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychiatry, tingkat lipid yang lebih tinggi dari asam arakidonat terkait dengan risiko lebih rendah terkena gangguan bipolar.

Studi ini menyarankan bahwa gangguan bipolar dan kondisi psikiatrik lainnya terhubung dengan perubahan dalam tingkat metabolit. Hal ini membuka cahaya pada jalur potensial yang berkontribusi pada kondisi-kondisi ini.

Studi baru juga mengindikasikan kemungkinan penggunaan intervensi diet untuk mencegah atau melambatkan perkembangan gangguan psikiatrik.

Baca juga: Kepribadian ceria dan humoris bisa jadi alami masalah mental mendalam

"Bukti yang terakumulasi menunjukkan peran metabolit dalam gangguan bipolar dan gangguan psikiatrik lainnya. Dengan mengidentifikasi metabolit yang memainkan peran penyebab dalam gangguan bipolar, kami berharap dapat menyoroti intervensi potensial gaya hidup atau diet," kata penyelidik utama David Stacey dalam rilis berita.

Para peneliti mengidentifikasi 33 dari 913 metabolit yang ada dalam darah yang terkait dengan gangguan bipolar, sebagian besar dari mereka adalah lipid. Mereka juga menemukan sekelompok gen yang dikenal sebagai klaster gen FADS1/2/3 terkait dengan peningkatan risiko terkena gangguan bipolar.

Mereka menemukan bahwa gen-gen ini mempengaruhi hubungan antara gangguan bipolar dan tingkat asam arakidonat dan metabolit lainnya dalam tubuh.

Baca juga: Yayasan BCI ajak masyarakat kenali gangguan bipolar

"Asam arakidonat umumnya adalah asam lemak omega-6 yang luas hadir dalam tubuh dan otak yang berkontribusi pada kesehatan membran sel. Studi ini memberikan langkah menarik ke depan dalam upaya untuk mengembangkan biomarker darah risiko gangguan bipolar, terutama pada pasien-pasien dengan gangguan bipolar dan variasi gen risiko di klaster gen FADS1/2/3," kata Dr. John Krystal, Editor Biological Psychiatry.

Produk daging dan makanan laut merupakan sumber diet yang baik untuk asam arakidonat. Ini juga dapat disintesis dari sumber asam linoleat diet seperti dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak.

Para peneliti menyatakan bahwa studi mereka adalah terobosan karena ini adalah yang pertama kali menyarankan kaitan kemungkinan antara asam arakidonat dan gangguan bipolar.

Baca juga: Dokter: Pengobatan bipolar melalui pemberian obat dan psikoterapi

Namun, mereka merekomendasikan bahwa studi preklinis tambahan dan uji acak terkendali diperlukan untuk memahami manfaat pencegahan atau terapi potensial dari suplemen asam arakidonat, terutama bagi orang-orang dengan sintesis alami asam arakidonat yang lebih rendah dan asupan terbatas dari sumber-sumber diet.

"Temuan kami juga mendukung jalur potensial untuk intervensi kesehatan presisi yang difokuskan pada nutrisi awal kehidupan untuk memastikan bahwa bayi dan anak-anak menerima cukup asam arakidonat dan asam lemak tak jenuh ganda lainnya untuk mendukung perkembangan otak yang optimal, yang juga dapat mengurangi risiko gangguan bipolar," kata Dr. Stacey.

Baca juga: Studi klaim polusi udara dapat sebabkan bipolar dan depresi

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024