Jakarta (ANTARA) -
Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia Regional Sumatera usai, sebanyak lima tim dari kategori berbeda keluar menjadi juara pada pertandingan final di Lapangan Benteng, Kota Medan, Sumatera Utar, Rabu (1/5).
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, kategori putra kelompok umur atau U-23, dimenangi tim Polonia Ballstar setelah mengalahkan Alumni Sutomo Muda dengan skor 11-8.
 
Kemudian, untuk U-23 kategori putri, Polonia Ballstar A tampil sebagai jawara, usai melibas Medan Hijau dengan skor 7-5.
 
"Titel juara ini menjadi modal berharga kami menatap PON XXI Aceh-Sumut 2024. Menambah motivasi dan jadi tahu kekurangan agar bisa juara di PON nanti karena memang kami dipersiapkan untuk PON," kata salah satu pemain Polonia Ballstar A Tasya Adila.
 
Selanjutnya, kategori U-18 putra, Sutomo 1A menjadi yang terbaik setelah menang melawan Angsapura X dengan skor 6-3.
 
Lalu, kategori U-15 putra, XYZ C keluar sebagai juara usai mengandaskan perlawanan sengit Sutomo 1A dengan skor 10-9.
 
Sedangkan kategori terakhir, yaitu U-12 Mix atau campuran, tim SD Methodist 2 sukses jadi yang terbaik karena mengalahkan I-Basketball dengan kedudukan 8-6.
 
Dalam turnamen tersebut, panitia juga memberikan penghargaan untuk pemain terbaik di setiap kategori.
Untuk kategori U-12 Mix, pemain terbaik atau most valuable player (MVP) disabet Cavin Stewart dari SD Methodist 2.
 
Kategori U-15 putra, pemain terbaik direbut Ngguino Allesandro dari Sutomo 1A, lalu U-18 putra menjadi milik Marcus Lim dari Angsapura X.
 
Adapun di kategori U-23 putri, Ashima Yohana Tobing dari Polonia Ballstar A didaulat menjadi MVP. Sedangkan untuk sektor putra dengan kelompok umur yang sama, direngkuh Billy Chang dari Polonia Ballstar.
 
Turnamen tersebut diselenggarakan oleh PT Supersport Sensation (SSS) bersama Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), dan didukung oleh PT Bank Mandiri Tbk.
 
Direktur Utama Azwan Karim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, karena telah antusias mengikuti turnamen itu dari awal sampai akhir.
Sejumlah pebasket muda bertanding dalam turnamen Mandiri 3X3 Indonesia Regional Sumatera yang diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (1/5/2024). ANTARA/HO-Mandiri 3X3 Indonesia


Baca juga: "Play-in" Mandiri 3X3 Indonesia Regional Sumatera hanya di Medan

"Euforia yang tersaji sejak Play-In Tournament hingga final regional Sumatera ini, menunjukkan bahwa sangat tepat pemilihan Medan sebagai pelaksanaan untuk Regional Sumatera Mandiri 3X3 Indonesia Tournament. Ini sesuai dengan petunjuk atau arahan dari PP Perbasi," ujar Azwan.
 
Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia 2024 merupakan tahun ketiga pelaksanaan.
 
Pada pelaksanaan tahun ini, kota penyelenggara tidak hanya fokus di Pulau Jawa, tetapi juga ada di Medan dan Makassar, Sulawesi Selatan untuk Regional Sulawesi.
 
Selain dua kota di kedua regional itu, tempat pelaksanaan Regional Jawa tersebar lebih banyak di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.
 
Sedangkan untuk pelaksanaan final, akan digelar di Yogyakarta.
 
Selain lima kategori yang dipertandingkan di setiap regional, panitia juga membuat sesuatu yang berbeda pada turnamen tahun ini dengan menambah satu kategori khusus di Jakarta, yaitu Lite Quest.
 
Ajang itu terbuka untuk umum dengan peserta maksimal 16 khusus untuk putra. Pelaksanaannya dilakukan pada 18 Agustus.

Baca juga: Turnamen Mandiri 3X3 Indonesia tahun ketiga tawarkan sejumlah inovasi
Baca juga: Mandiri Indonesia 3x3 Tournament hadirkan persaingan yang makin ketat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024