Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nova Riyanti Yusuf menyatakan keberadaan tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri merupakan alternatif solusi mengatasi pengangguran.

"Meskipun bekerja menjadi TKI bukan pilihan terbaik tetapi mereka membantu mengatasi pengangguran," kata Nova Riyanti pada Sosialisasi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI di Kabupaten Blitar, Jatim, Sabtu malam (8/12).

Surat elektronik dari Direktorat Sosialisasi BNP2TKI menyebutkan sosialisasi dikemas melalui pementasan seni tradisional Gebyar TKI 2013 bertema "Bersama TKI Membangun Negeri" yang dihadiri ribuan warga yang memadati Lapangan Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggoh, Kabupaten Kediri.

Nova mengungkapkan bekerja ke luar negeri bukan semata karena faktor ekonomi.

"Banyak yang bekerja ke luar negeri karena ingin mencari pengalaman, ingin tahu dunia luar, dan kesempatan itu terbuka melalui BNP2TKI. Oleh karena itu BNP2TKI harus memfasilitasi dengan baik, katanya.

Nova juga mengingatkan semua pihak peduli dengan penempatan TKI secara legal.

"Jangan sampai ada orang tua seperti kasus seorang ibu di Jabar yang tidak tahu kalau anaknya pergi ke luar negeri. Lurah, camat sampai bupati juga harus menjaga warganya," kata Nova disambut senyum oleh Bupati Blitar Herry Noegroho.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013