Total yang diberangkatkan hari ini ke PT Yoyic Kawasan Delta Mas sebanyak 44 orang
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Rombongan atau kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 diajak berwisata industri oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai bagian dari perjamuan tuan rumah sekaligus relaksasi di tengah suasana perlombaan.

"Paket wisata industri ini disiapkan secara gratis bagi seluruh kafilah peserta MTQ Jawa Barat 2024 yang berminat," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan hari pertama agenda wisata industri ini diikuti puluhan peserta dari Kafilah Kota Sukabumi dan Kota Banjar dengan tujuan PT Yoyic Diary Indonesia di Kawasan Industri GIIC Kota Delta Mas.

"Mereka diberangkatkan dari Masjid Agung Nurul Hikmah, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi menggunakan bus yang telah kami siapkan," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur promosi wisata industri kepada kafilah MTQ Jawa Barat

Baca juga: Pemkab Bekasi gandeng UPI Bandung kembangkan City Branding


Ia menyatakan wisata industri bagi para kafilah memang menjadi salah satu agenda MTQ Ke-38 Jawa Barat. Melalui kunjungan ini, mereka diperkenalkan proses produksi di Kabupaten Bekasi yang dikenal sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

Kafilah peserta MTQ Jawa Barat dari Kabupaten Sukabumi dan Kota Banjar mengikuti kunjungan wisata industri ke PT Yoyic Dairy Indonesia di Kawasan Industri GIIC Kota Delta Mas, Kamis. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Iyan mengaku wisata industri yang dilaksanakan untuk mendukung kesuksesan MTQ Jawa Barat 2024 di Kabupaten Bekasi itu cukup banyak diminati peserta meski dengan waktu relatif singkat dan menyesuaikan jadwal perlombaan.

"Memang waktunya singkat karena kita juga menyesuaikan jadwal MTQ agar tidak mengganggu konsentrasi peserta. Di hari-hari awal kemarin mereka masih fokus perlombaan namun hari ini sudah banyak yang mendaftarkan diri untuk kunjungan ke perusahaan," katanya.

"Total yang diberangkatkan hari ini ke PT Yoyic Kawasan Delta Mas sebanyak 44 orang. Besok ada juga kunjungan dari Kafilah Kota Cimahi dan Kabupaten Pangandaran ke PT Hyundai," imbuh dia.

Humas Kantor Kementerian Agama Kota Banjar Asep Saefullah menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan agenda wisata industri bagi kafilah MTQ Jawa Barat 2024.

"Kami tertarik untuk mengikuti wisata industri, selain tampil di MTQ, kami diberikan fasilitas untuk mengunjungi perusahaan di sini, salah satunya di PT Yoyic. Ini program yang bagus dari Pemkab Bekasi," ucapnya.

Asep mengaku sepanjang mengikuti perhelatan lomba keagamaan MTQ Jawa Barat, baru kali ini ada tuan rumah yang menyediakan paket wisata gratis sekaligus mengedukasi para peserta yang siap bersaing di dunia industri.

"Saya dari tahun 2007 sampai sekarang mengikuti MTQ Jawa Barat, baru ada program wisata industri bagi kafilah. Begitu pula tuan rumah Kabupaten Bekasi yang sangat luar biasa dan sangat berbeda dalam penyambutan serta pelaksanaannya," kata dia.

Baca juga: Dispar Bekasi produksi film promosi tingkatkan wisatawan

Baca juga: Dinas Pariwisata Bekasi mengenalkan wisata industri ke Yogyakarta


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024