Jakarta (ANTARA) - Samsung dikabarkan mulai meluncurkan pembaruan sistem operasi mereka yaitu One UI 6.1 ke perangkat-perangkat kelas atas generasi lama yaitu Galaxy S21 series, Galaxy S22 series, Galaxy Z Fold4, Z Flip4, Galaxy Z Fold3, dan Galaxy Z Flip3.

Itu artinya akan semakin bertambah perangkat dari generasi sebelum Galaxy S24 series yang merasakan kecanggihan kecerdasan buatan pada perangkat Galaxy AI dalam beberapa waktu ke depan.

Dalam laporan GSM Arena, Kamis (2/5), diketahui informasi ini datang dari situs web komunitas pengguna Samsung di negeri Ginseng sehingga saat ini tampaknya peluncuran One UI 6.1 ke perangkat-perangkat itu masih terbatas di negara asal ponsel-ponsel ini.

Baca juga: Samsung Galaxy AI bakal hadir di seri Galaxy S23 hingga Galaxy Tab S9

Meski begitu seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk One UI 6.1 meluncur ke perangkat-perangkat di negara lain dengan penundaan yang mungkin terjadi sekitar beberapa bulan.

Lebih lanjut, besar kemungkinan untuk generasi yang masih lebih baru seperti Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 serta Galaxy S22 series bisa mendapatkan semua fitur Galaxy AI sama seperti saat didebutkan pada Galaxy S24 series di Januari 2024.

Sementara untuk Galaxy S21 series bersama model Z Flip3 dan Z Fold3 mungkin hanya akan mendapatkan sebagian kemampuan dari Galaxy AI yang saat ini sudah beredar di pasaran.

Baca juga: Samsung berencana bawa One UI 6.1 ke Galaxy S22 dan S21 Mei 2024

Secara lebih rinci Galaxy S21 series dan Galaxy Z Flip3 berpotensi hanya mendapatkan dukungan pencarian Circle to Search yang menjadi fitur andalan saat Galaxy AI diluncurkan.

Sementara untuk Galaxy Z Fold3 yang memiliki harga lebih tinggi mungkin mendapatkan tambahan fitur seperti transkripsi suara otomatis, penerjemah bahasa langsung, pengeditan AI generatif, dan juga saran pengeditan gambar.

Baca juga: Bawa Galaxy AI, pembaruan One UI 6.1 sudah dipasang 8,8 juta perangkat

Apabila kabar ini benar-benar terjadi, itu artinya cita-cita Samsung untuk memiliki lebih dari 100 juta perangkat yang menggunakan Galaxy AI di akhir 2024 bukan hal yang mustahil mengingat sebentar lagi pun akan hadir Galaxy Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Saat ini diketahui One UI 6.1 sudah terpasang hampir di sembilan juta perangkat secara global, jumlah itu belum termasuk dengan perangkat Galaxy S24 series karena yang dihitung berasal dari ponsel generasi sebelumnya yaitu Galaxy S23 series, Galaxy Z Fold5, Galaxy Z Flip5, dan Galaxy Tab S9 series.

Baca juga: Samsung rilis pembaruan "Try Galaxy" hadirkan pengalaman One UI 5.1

Baca juga: Samsung Galaxy S22 versi Eropa dapat pembaruan OS One UI 5

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024