Masjid JIEP Jayakarta akan menjadi salah satu masjid terbesar di Jakarta Timur yang berdiri di lahan seluas 8.800 meter persegi dan mampung menampung hingga 4.000 jemaah
Jakarta (ANTARA) - BUMD PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri di Jakarta Timur tersebut membangun kembali Masjid JIEP Jayakarta yang pernah terbakar pada 2021 sehingga mengakibatkan seluruh bangunan runtuh.

"Dengan pembangunan kembali Masjid JIEP Jayakarta diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi PT JIEP dan juga seluruh pemangku kepentingan di kawasan ini," kata Direktur Utama PT JIEP Dharma Satriadi lewat keterangan di Jakarta, Sabtu.

Dharma menjelaskan Masjid JIEP Jayakarta mengusung konsep bangunan ramah lingkungan (green building) dengan desain yang modern dan estetik.

“Masjid JIEP Jayakarta menghadirkan desain bangunan yang menggunakan pencahayaan alami dan dilengkapi area plaza yang hijau sehingga menghadirkan kesan asri dan nyaman bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah ataupun kegiatan di sini,” imbuhnya.

Masjid JIEP Jayakarta pertama kali berdiri pada tahun 1981 yang menjadi masjid pertama di Kawasan Industri Pulogadung. Namun, pada tahun 2021 masjid tersebut terbakar yang menyebabkan seluruh bangunan runtuh.

"Diharapkan proses pembangunannya dapat berjalan lancar serta tepat waktu agar dapat segera dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan di Kawasan Industri Pulogadung," ujar Dharma.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan BUMD Pemprov DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi kepada PT JIEP yang akan menghadirkan salah satu masjid terbesar di Jakarta Timur dan menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta khususnya bagi para pekerja di Kawasan Industri Pulogadung.

"Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu pemegang saham dari PT JIEP sangat mendukung Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta dan berharap pembangunannya dapat berjalan tepat waktu sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat Jakarta," katanya.

Masjid JIEP Jayakarta akan menjadi salah satu masjid terbesar di Jakarta Timur yang berdiri di lahan seluas 8.800 meter persegi dan mampung menampung hingga 4.000 jemaah.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Masjid JIEP Jayakarta dilakukan di Jakarta, Jumat (3/5) dihadiri PT Danareksa (Persero) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham, PT Nindya Beton selaku pelaksana pembangunan, PT Virama Karya selaku konsultan desain, dan Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta.
Baca juga: BUMD PT JIEP bagikan sembako hingga gelar mudik dalam rangka Ramadhan
Baca juga: BUMD JIEP gelar bazar sembako murah penuhi kebutuhan jelang Ramadhan
Baca juga: JIEP permudah UMKM kantongi sertifikasi halal MUI



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024