Pengurangan bahaya tembakau merupakan inovasi dalam industri tembakau sebagai upaya mengurangi risiko dari kebiasaan merokok
Jakarta (ANTARA) - Praktisi Kesehatan Arifandi Sanjaya mengatakan keberadaan aneka produk tembakau alternatif saat ini menjadi opsi bagi perokok dewasa dalam menekan kebiasaan merokok.
 
"Pengurangan bahaya tembakau merupakan inovasi dalam industri tembakau sebagai upaya mengurangi risiko dari kebiasaan merokok," ujarnya di Jakarta, Senin.
 
Produk tembakau alternatif menghasilkan uap air melalui proses pemanasan, sehingga tidak menghasilkan zat kimia karsinogenik berupa TAR dan karbon monoksida.
 
Arifandi menuturkan efektivitas produk tembakau alternatif sebagai alat bantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok dibuktikan melalui hasil riset Universitas Bern bertajuk Electronic Nicotine-Delivery Systems for Smoking Cessation.

Kajian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada Februari 2024 itu menunjukkan bahwa produk tembakau alternatif lebih efektif daripada konseling berhenti merokok. Bahkan pelaporan masalah, seperti batuk dan produksi dahak lebih rendah pada kelompok penelitian yang menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Asosiasi dukung pencegahan penyalahgunaan narkoba di rokok elektronik

Baca juga: Asosiasi minta pemerintah optimalkan potensi tembakau alternatif
 
"Hasil riset itu juga melaporkan bahwa pemanfaatan produk tembakau alternatif meningkatkan keberhasilan berhenti merokok (abstinence) sebesar 21 persen," kata Arifandi.
 
Lebih lanjut dia menegaskan berhenti merokok secara total tetap merupakan cara terbaik untuk mengurangi bahaya merokok. Namun, gejala putus nikotin perlu menjadi perhatian bagi perokok dewasa yang ingin berhenti merokok total.
 
Banyak perokok dewasa mengalami jatuh sakit karena berhenti merokok secara tiba-tiba, sedangkan mental belum siap. Mereka lantas mencari kesempatan mengonsumsi rokok lebih banyak saat tidak ada yang tahu.

Ketua Aliansi Vaper Indonesia (AVI) Johan Sumantri mengungkapkan bahwa produk tembakau alternatif ditargetkan bagi para perokok dewasa yang kesulitan berhenti merokok.
 
Dia menyarankan pemanfaatan produk tembakau alternatif dengan risiko lebih rendah untuk membantu beralih dari kebiasaan merokok. Produk tembakau alternatif memungkinkan penggunanya masih mendapatkan asupan nikotin.
 
"Dengan risiko lebih rendah, perokok dewasa bisa secara perlahan mengurangi kadar nikotin sesuai kebutuhannya, sehingga akan lebih mudah bagi mereka untuk beralih dari kebiasaan merokok ketimbang berhenti merokok total," pungkas Johan.

Baca juga: Tembakau alternatif bukan untuk generasi muda

Baca juga: Tembakau alternatif tak diperuntukkan untuk anak-anak

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024