Masyarakat yang mengikuti program transmigrasi semuanya memiliki aspirasi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo mengatakan para transmigran harus dibekali pemahaman teknologi mutakhir agar mereka dapat mengambil peran mempercepat pembangunan di kawasan transmigrasi.
 
"Ada pemahaman bahwa transmigrasi ialah program yang memfasilitasi peristiwa hijrah. Masyarakat yang mengikuti program transmigrasi semuanya memiliki aspirasi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik," kata Paiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Hal tersebut disampaikan saat memberi arahan sekaligus menutup kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Transmigrasi Tahun 2024, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Kemendes PDTT buka beasiswa kuliah bagi anak transmigran berprestasi
 
Wamendes menyampaikan konteks pembangunan program transmigrasi meliputi pembangunan desa-desa terpencil dan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (daerah 3T).
 
Kawasan transmigrasi, lanjutnya, sebagai bagian dari program nasional secara konsisten berkembang menggunakan pendekatan ekonomi inklusif melalui kerja sama dengan pihak swasta dalam mendistribusikan produk unggulan daerah masing-masing.

Ia mengatakan sinergi yang baik dari pemerintah daerah (pemda) diperlukan dalam mengoptimalkan pelaksanaan agenda transmigrasi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga transmigran,  tidak hanya pada pertumbuhan ekonomi daerah namun juga secara nasional.

Wamendes berharap program transmigrasi dapat menjadi referensi dalam pembuatan arah kebijakan dan strategi untuk mencapai visi Presiden 2020-2024.

Baca juga: Di DPR, Mendes sodorkan konsep kepemilikan lahan komunal transmigrasi
 
"Pencapaian target kinerja menjadi sesuatu yang penting, lebih dari sekadar menuntaskan janji kepada masyarakat, terkhusus bagi program transmigrasi," kata Wamendes.
 
Ia berharap pula Rakor Transmigrasi Tahun 2024 mampu mendorong target-target dari program transmigrasi yang telah ditetapkan itu tercapai dengan baik.
 
"Tahun ini rapat koordinasi mengusung tema Penuntasan Sasaran Program RPJMN 2020-2024: Mewujudkan Kawasan Transmigrasi Mandiri dan Berdaya Saing. Kita harapkan bersama bahwa seluruh target program transmigrasi yang telah ditetapkan dapat tercapai," kata Wamendes PTT Paiman Raharjo.

Baca juga: Daftar tunggu transmigran di DIY capai 300 kepala keluarga

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024