Magetan (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur berupaya meningkatkan konsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi pangan dengan menggelar sosialisasi gemar makan ikan (gemarikan) di Kabupaten Magetan.

"Kegiatan sosialisasi Edukasi Gemarikan ini dilakukan sebagai upaya edukasi akan pentingnya gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, utamanya bagi anak-anak di Kabupaten Magetan," ujar Sub Koordinator Seksi Akses Pasar Promosi dan Logistik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Farida, dalam kegiatan gemarikan di SDN Tambran Magetan, Selasa.

Menurut dia, kegiatan gemarikan tersebut dilakukan bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berupaya dan bersinergi dengan semua mitra untuk mendorong dan menggerakkan masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi ikan atau menjadikan ikan sebagai menu lauk pauk harian untuk peningkatan sumber daya manusia.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Haryani menyambut baik kegiatan tersebut untuk mendongkrak konsumsi ikan serta mengentaskan permasalahan terkait gizi buruk di lingkungan Kabupaten Magetan.

"Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan ikut menyukseskan program pemerintah pusat yaitu gemar makan ikan. Harapan kami anak-anak di Magetan tumbuh sehat, cerdas, dan kuat dengan konsumsi ikan dan olahannya," kata Nur Haryani.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Magetan Siti Fatonah Hergunadi juga mengapresiasi kegiatan gemarikan tersebut. Hal itu bagian dari mengubah kebiasaan dan budaya masyarakat dari hanya makan agar kenyang ke makan ikan untuk pemenuhan gizi protein hewani guna terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas.

"Tugas kita bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi keluarga," kata Siti Fatonah.

Dengan demikian, konsumsi ikan di Magetan dapat meningkat. Dinas Peternakan dan Perikanan setempat mencatat, konsumsi ikan di Magetan rata-rata masih sekitar 26,56 kilogram per kapita per tahun. Dan ditargetkan konsumsi ikan di Magetan bisa naik menjadi 38 kilogram per kapita per tahun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim edukasi Gemarikan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Magetan, Camat Magetan, Lurah Tambran, Kepala SDN Tambran, SDN Sukowinangun 2, dan SDN Mangkujayan, serta undangan terkait.

Baca juga: Mewujudkan generasi emas lewat gemar makan ikan

Baca juga: Pemkab Karawang sosialisasikan gemar makan ikan cegah stunting

Baca juga: Pemkab Tabanan Bali gelorakan gemar makan ikan cegah stunting

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024