Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, menyebut sagu akan menjadi menu makanan utama pada Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Ted T Mokay di Sentani, Rabu, mengatakan berbagai kuliner berbahan dasar sagu akan disajikan pada FDS tahun ini.

“Sagu akan disajikan dalam berbagai jenis kuliner untuk membantu mempromosikan olahan tersebut kepada pengunjung, baik lokal maupun luar negeri,” katanya.

Menurut Mokay, perkembangan zaman sagu tidak hanya dapat dibuat papeda sebagai makanan pokok masyarakat Papua, tetapi dapat diolah sedemikian rupa menjadi produk kuliner yang menjanjikan.

Baca juga: Dinkes Jayapura layani 21 pasien selama Festival Danau Sentani

Baca juga: Menparekraf puji Festival Danau Sentani, pastikan masuk KEN 2024


“Sagu kalau diolah baik dapat menjadi tepung yang rendah gula dan bisa mengganti tepung yang terbuat dari beras, sehingga banyak manfaatnya terutama kuliner,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk Festival Danau Sentani XIV 2024 sebesar Rp2 miliar.

“Dengan anggaran tersebut kami harapkan Festival Danau Sentani tahun ini dapat berjalan dengan maksimal dengan memberikan nuansa budaya dan seni dari sembilan dewan adat suku (DAS) Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan Festival Danau Sentani XIV 2024 direncanakan digelar pada 19-23 Juni 2024 di Pantai Kalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

“Sosialisasi kepada masyarakat adat untuk mengisi kegiatan Festival Danau Sentani sudah mulai dilakukan di 139 kampung dan lima kelurahan sehingga diharapkan acara ini akan meriah dan sukses,” ujarnya.*

Baca juga: Menparekraf: Festival Danau Sentani angkat potensi wisata Jayapura

Baca juga: Dinkes Jayapura siagakan tim PCS 119 di Festival Danau Sentani 2023


Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024