Jambi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, mulai memperbaiki infrastruktur jalan menuju kawasan Taman Bumi Global UNESCO atau geopark Merangin guna meningkatkan kunjungan wisatawan.
 
Penjabat (Pj) Bupati Merangin Mukti dalam keterangannya yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan pengerjaan perbaikan ruas jalan Desa Dusun Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap itu mulai dilakukan pekan depan.
 
Ia mengatakan dirinya sudah melihat langsung kerusakan jalan menuju kawasan wisata Taman Bumi yang ditetapkan UNESCO pada 24 Mei 2023 tersebut.
 
"Minggu depan pengerjaan perbaikan ruas jalan Desa Dusun Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap ini dimulai,’’ kata Mukti.

Dia menyebutkan ruas jalan menuju geopark itu memiliki panjang dua kilometer. Pembangunan jalan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8 miliar.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat jalan sepanjang dua kilometer itu segera mulus," kata dia.
 
Selain infrastruktur jalan, Mukti juga minta dinas terkait untuk memperhatikan pengelolaan Museum Geopark Merangin-Jambi yang saat ini kondisinya terkesan tidak diurus.
 
‘’Geopark ini bukan hanya ikon bagi Kabupaten Merangin tapi juga dunia internasional. Jadi sangat penting sekali infrastrukturnya diperbaiki dan dirawat dengan baik,’’ kata dia.

Baca juga: Geopark Merangin resmi masuk dalam warisan dunia
 
Sementara itu, Pj Bupati juga memantau kondisi jalan Simpang Tengkorak - Simpang Pulau Rengas yang akan segera diperbaiki.
 
Jalan sepanjang tiga kilometer dengan lebar lima meter tersebut, akan diperbaiki dengan dana bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), sebesar Rp11 miliar.
 
Jalan tersebut merupakan jalan alternatif dari Simpang Pulau Rengas sampai ke Jalan Lintas Sumatera Desa Langling Kecamatan Bangko.

Baca juga: Geopark Merangin raih peringkat pertama dari UNESCO Global Geopark

Pewarta: Tuyani
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024