Bangui (ANTARA News) - Pemimpin sementara Republik Afrika Tengah Michel Djotodia memberhentikan tiga menteri pemerintahan transisi pada Minggu (15/12) di tengah bentrokan Kristen-Muslim bulan ini.

Menteri yang diberhentikan meliputi Menteri Keuangan Christophe Mbremaidou, Menteri Pembangunan Pedesaan Joseph Bedounga dan Menteri Keamanan Josue Binoua, yang dituduh menimbun senjata di rumahnya, kata Guy Simplice Kodegue, kata juru bicara kepresidenan Guy Simplice Kodegue.

Lebih dari 500 orang tewas dan 189.000 lainnya mengungsi di ibu kota Bangui saja sejak milisi Kristen menyerang kota yang dikendalikan oleh mantan gerilyawan Muslim yang setia kepada Djotodia pada 5 Desember.

Prancis menyatakan akan meminta bantuan lagi dari mitranya di Eropa untuk memperkuat misi penjaga perdamaian di Republik Afrika Tengah, kata Menteri Luar Negeri Laurent Fabius Minggu.

Prancis telah mengerahkan 1.600 tentara ke negara Afrika itu untuk mencegah meningkatnya pertumpahan darah antara gerilyawan Muslim terbesar Seleka yang menggulingkan mantan Presiden Francois Bozize dan milisi-milisi Kristen berperang melawan mereka.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013