Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Profesor Husain Syam menyatakan serius maju bertarung pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat, bahkan telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur di empat partai politik (parpol).

"Bismillah. Mohon dukungan dan doanya maju Pilgub Sulbar," kata Prof. Husain singkat saat dikonfirmasi di Makassar, Sabtu.

Menjelang berakhirnya masa bakti sebagai Rektor UNM pada tanggal 17 Mei 2024, Prof. Husain mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke parpol itu. Hal ini, menurut dia, sebagai bentuk keseriusan membangun kampung halamannya di Sulbar.

Pria dengan akronim PHS (Profesor Husain Syam) ini pertama mendaftar di Partai Demokrat Sulbar. Dia diterima pengurus inti, yakni Ketua Tim Penjaringan Abdul Wahab Abdi didampingi sekretarisnya Abrar, Bappilu Sukri Umar, dan Ketua OKK Firman Agro Waskito.

Selanjutnya, PHS bergeser ke Partai Hanura. Dia diterima Sekretaris DPD I Hanura Sulbar sekaligus menjabat Ketua Penjaringan dan Pemenangan Partai Hanura Muhammad Salil beserta jajaran pengurusnya.

PHS menuju ke Partai Amanat Nasional (PAN) Sulbar. Dia diterima Ketua Penjaringan Pilkada Yakub didampingi sekretarisnya Awaluddin Hercules serta jajaran pengurus partai tersebut.

Di Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sulbar, PHS diterima Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulbar Carles Wiseman didampingi Bendaharanya Junaedi Hafid serta jajaran pengurusnya.

Kedatangan PHS di empat parpol tersebut mengharapkan dukungan serta optimistis untuk dapat diusung partai maju bertarung pada Pilgub Sulbar, 27 November 2024.

Berdasarkan syarat dukungan parpol untuk dapat mendaftarkan diri menjadi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel di KPU Provinsi Sulbar minimal memiliki dukungan sembilan kursi DPRD Provinsi Sulbar dari total 45 kursi.

Empat parpol tersebut, yaitu PAN, Hanura, dan PDI Perjuangan masing-masing memiliki lima kursi dan Demokrat delapan kursi di DPRD Sulbar periode 2019—2024.

Selain mendaftar di empat parpol tersebut, PHS juga telah mengantongi surat tugas dari DPP Partai Golkar saat diundang ke Jakarta belum lama ini. Untuk perolehan kursi Golkar di DPRD Provinsi Sulbar sebanyak 10 kursi.

Baca juga: Wakil Wali Kota Batam daftar bacalon wali kota di tiga partai
Baca juga: Dua politisi muda di Mataram daftar pilkada lewat Demokrat

Pewarta: M. Darwin Fatir
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024