Jakarta (ANTARA) - ASUS telah mengungkapkan bahwa mereka akan mengumumkan iterasi berikutnya dari PC gaming genggam ROG Ally pada 2 Juni.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (10/5), perusahaan mengungkapkan beberapa detail mengenai perangkat tersebut melalui aliran ROG Pulse dengan pembawa acara Jake Kulinski dan Whitson Gordon.

Gordon mengungkapkan bahwa perangkat tersebut akan diberi nama ROG Ally X dan akan menawarkan fitur tambahan dibandingkan ROG Ally generasi saat ini.

Baca juga: ASUS ungkap jajaran laptop "gaming" yang bakal meluncur di 2024

Whitman menekankan bahwa Ally X bukanlah peningkatan spesifikasi kecil atau generasi baru dari Ally, tetapi di antara keduanya. Artinya, perangkat tersebut akan berbagi chip Ryzen Z1 Extreme yang sama dan layar VRR 120Hz dengan standar ROG Ally 2023.

Namun, perusahaan menjanjikan beberapa perbaikan pada Ally X. Perubahan terbesar adalah masuknya baterai yang jauh lebih besar.

Berbicara kepada The Verge, Wakil Presiden Senior ASUS Shawn Yen mengatakan bahwa baterainya akan lebih dari sekadar peningkatan 30-40 persen tanpa menjelaskan secara spesifik.

Baca juga: ASUS ROG umumkan laptop OLED pertamanya dengan "Variable Refresh Rate"

Whitson Gordon juga mengumumkan perubahan lain pada streaming tersebut, termasuk peningkatan memori sistem dari 16GB saat ini serta penyimpanan yang lebih besar.

Slot M.2 2230 juga akan ditukar dengan slot M.2 2280 yang lebih umum untuk kemudahan peningkatan. Ada juga yang menyebutkan tentang peningkatan port, mengingat Ally 2023 memiliki satu port USB-C, kemungkinan Ally X memiliki dua port.

ASUS juga telah memindahkan slot microSD yang posisinya tidak tepat sehingga kartu Anda tidak mati karena panas exhaust.

Peningkatan lain yang diisyaratkan adalah perubahan pada kontrol, dengan joystick yang lebih mudah dipertukarkan. Terakhir, Ally X akan hadir dalam pilihan warna serba hitam, meski desainnya tampak tidak berubah.

Baca juga: Asus ROG Phone 8 meluncur, "flagship" dengan desain penggunaan harian

ASUS juga akan meningkatkan perangkat lunak Armory Crate SE milik perusahaan ke versi 1.5, yang menampilkan desain yang ditingkatkan sehingga lebih mudah digunakan dan lebih menarik.

Versi pembaruan ini juga akan hadir pada ROG Ally 2023 yang sudah ada di masa mendatang, yang akan terus didukung oleh perusahaan.

ROG Ally X akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 2 Juni dan kemungkinan akan ditampilkan dalam jajaran Computex 2024 perusahaan di Taiwan. Harganya dikatakan lebih tinggi dari Ally 2023 saat ini, yang akan terus dijual bersamaan dengan model baru.

Baca juga: Konsol gaming portabel ROG Ally rilis di Indonesia, harga Rp10 jutaan

Baca juga: Bisa jalankan game PC dan console, apa iPhone 15 cocok untuk gamers?

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024