Saya imbau semua pihak, termasuk wartawan dan aparat keamanan, jangan terpancing provokasi dan jangan timbulkan isu macam-macam,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau semua pihak untuk turut menjaga kondusivitas menjelang perayaan Hari Raya Natal tahun 2013.

"Saya imbau semua pihak, termasuk wartawan dan aparat keamanan, jangan terpancing provokasi dan jangan timbulkan isu macam-macam," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Jakarta, Selasa.

Said Aqil mengatakan semua pihak, terutama warga NU, harus menghormati hari-hari besar agama, yang kebetulan dalam waktu dekat adalah hari besar agama Kristen dan Katolik.

"Walau berbeda agama, tapi kita harus saling menghargai," kata Kang Said, sapaan akrab kiai alumni Universitas Ummul Qura, Mekkah itu.

Ia pun berharap tidak ada aksi kekerasan menjelang dan selama perayaan Natal yang bisa menodai peringatan hari besar keagamaan tersebut.

"Saya harapkan tahun ini tidak ada kekerasan, teror, bom, dan lain-lain," katanya.

Said Aqil kembali mengingatkan bahwa tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan tidak ada kekerasan yang dibenarkan oleh agama.

"Tidak ada kekerasan dalam agama, dan tidak ada agama dalam kekerasan," katanya. (*)

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013