Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah negara dan kota di ASEAN menjadi tujuan wisata di kalangan wisatawan Indonesia sepanjang tahun 2013, berdasarkan survei yang dilakukan sebuah situs pencarian perjalanan global, Skyscanner.  

Singapura menduduki urutan pertama sebagai tujuan wisata pada akhir pekan, Bangkok dan Kuala Lumpur juga menjadi favorit wisatawan asal Indonesia. Tempat wisata dalam negeri juga menjadi tujuan utama mereka, yakni Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Mataram, Medan dan Palembang.

“Tujuan wisata yang menarik di ASEAN semakin populer di kalangan wisatawan Indonesia, " kata Manajer pengembangan pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati dalam rilis yang diterima ANTARA News, Rabu (18/12).

Berdasarkan data dari Skyscanner diketahui wisatawan Indonesia memanfatkan keuntungan dari kedekatan jarak dengan negara-negara tetangga, atau memilih tujuan dalam negeri dengan fasilitas kelas dunia untuk liburan akhir pekan mereka.

"Sesering dengan wisatawan negara tetangga berwisata ke Indonesia,  sebaliknya masyarakat Indonesia juga mulai mempertimbangkan untuk berkunjung ke negara tetangga," ujarnya.

Menurut Tika, tujuan-tujuan wisata di kawasan ASEAN ini menawarkan beragam atraksi, namun masih relatif dapat terakses, dalam pengertian biaya, budaya,bahasa dan jarak.

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013