Jadi, pada 1 Januari 2014 dimulai JKN, untuk dananya PNS dari dana Askes PNS kita selama ini, TNI/Polri dana yang selama ini juga, kemudian Jamsostek sudah ada,"
Palembang (ANTARA News) - Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk masyarakat akan mulai dilaksanakan di Sumatera Selatan pada awal Januari 2014 sehingga bisa dimanfaatkan.

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan diberlakukan di provinsi ini pada 1 Januari 2014, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Fenty di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kalau Sumsel lebih dulu memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat dengan adanya program Jamsoskesmas Sumsel semesta dan berobat gratis.

"Sekarang, untuk JKN pada tahap awal ini, ada lima kepesertaan wajib yang masuk dalam program itu yakni PNS dengan Askesnya, TNI/Polri, Jamsostek dan mereka masyarakat miskin yang selama ini di jamin oleh jamkesmas saat ini mereka menjadi peserta yang menerima bantuan iuran," katanya.

Ia mengatakan, untuk rumah sakit rujukan sama saat ini sama dengan pelaksanaan jamkesmas dan jamsoskes Sumsel semesta.

Bahkan ada beberapa rumah sakit swasta yang sudah akan menjadi jejaring seperti rumah sakit milik TNI/Polri harus dan wajib ikut seperti RS AK Gani dan RS Bhayangkara.

Ia menyatakan, ada rumah sakit swasta yang sudah melayani Jamsoskes seperti RS Pusri ikut melayani dan rencananya RS Pertamina.

"Jadi, pada 1 Januari 2014 dimulai JKN, untuk dananya PNS dari dana Askes PNS kita selama ini, TNI/Polri dana yang selama ini juga, kemudian Jamsostek sudah ada," tuturnya.

Sedangkan mekanisme jika yang bersangkutan sakit berobat ke puskesmas jika belum sembuh di rujuk ke rumah sakit, katanya.(*)

Pewarta: Susilawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013