Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral turut berpartisipasi pada Dekranas Expo 2024
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ikut serta memeriahkan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo 2024 dalam rangka mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Sebagai upaya untuk mendukung gerakan bangga buatan Indonesia serta memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral turut berpartisipasi pada Dekranas Expo 2024 yang merupakan salah satu agenda pada perayaan tersebut," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Expo dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Pembina Umum Dekranas, yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng. Expo akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 15 hingga 18 Mei 2024.

Pada kesempatan ini Ibu Wakil Presiden RI, Wury Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum Dekranas menyampaikan kebanggaannya terhadap produk industri kerajinan Indonesia karena telah menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan di tingkat nasional maupun internasional. Beliau juga berpesan untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi untuk menghadapi gejolak ekonomi global dan berbagai dinamika yang terjadi.

"Kita harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk dan terus memperluas jaringan pemasaran tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ke mancanegara. Tidak kalah penting, kita juga harus memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan serta regenerasi para perajin." kata Wury.

Mengusung tema "Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa", Expo diramaikan oleh 257 stan produk kerajinan Indonesia, stan kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin. Beragam produk unggulan dan layanan dari sektor ekonomi kreatif UMKM seluruh Indonesia turut dipamerkan, dengan dukungan dari kementerian, dinas pemerintah daerah, BUMN/BUMD, dan pihak swasta nasional.

Pada hari kedua Expo, booth Kementerian ESDM mendapatkan kunjungan dari Pembina dan Ketua Umum Dekranas, serta Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM, Ratna Arifin Tasrif, yang juga merupakan Anggota Bidang Wirausaha Baru Dekranas.

Booth Kementerian ESDM menyediakan informasi mengenai regulasi, kebijakan, pencapaian Kementerian ESDM, dan layanan yang ditawarkan oleh Badan Layanan Usaha (BLU) Kementerian ESDM. Selain itu, produk UMKM binaan ESDM seperti batik, kerajinan bambu, kerajinan batu mulia, dan kerajinan bubutan juga ditampilkan. Pengunjung dapat berpartisipasi dalam berbagai permainan dan kuis untuk mendapatkan suvenir menarik.

Selain pameran, setiap harinya juga diadakan berbagai acara, seperti hiburan musik dan kegiatan pengembangan UMKM. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian dan Lembaga ex officio Dekranas, para sponsor, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), serta pemerintah daerah, yang semakin memeriahkan acara dan memberikan manfaat lebih bagi pengunjung dan peserta pameran.

Baca juga: Dekranas harap "stakeholder" dukung peningkatan kapasitas pelaku UMKM
Baca juga: Kementerian ESDM serah terima motor konversi ke Pemkot Solo
Baca juga: Kementerian ESDM-Dekranas gelar diklat UMKM di Geopark Gunung Batur

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024