Musik dan penyanyi anaknya serba baru. Ini upaya membangun ekosistem musik. Ini bukan hanya tugas pemerintah. Tapi juga orang tua yang mendampingi anak-anak
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memfasilitasi pengembangan ekosistem lagu anak-anak Indonesia melalui Program Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA).

Salah satu fasilitas yang diberikan adalah dengan adanya pentas drama musikal bertajuk Sahabat Anak Indonesia yang berlangsung beberapa waktu lalu dengan melibatkan banyak anak-anak Indonesia.

“Musik dan penyanyi anaknya serba baru. Ini upaya membangun ekosistem musik. Ini bukan hanya tugas pemerintah. Tapi juga orang tua yang mendampingi anak-anak," kata Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Kemendikbudristek Edi Irawan dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Pentas drama musikal ini merupakan bagian dari Program KILA 2024 dari Kemendikbudristek yang sudah berada di tahun kelima dengan dihadiri oleh ratusan murid serta guru PAUD dan SD se-Jadetabek.

Baca juga: Kemendikbudristek: Program KILA perkuat ekosistem lagu anak Indonesia

Pada pentas itu para Duta KILA atau juara lomba menyanyi KILA sejak 2020 seperti Zhafira Krissandria asal Madiun, Rachel Aurellia asal Jakarta, Dorrein Isabella asal Depok, Dua Saka asal Madiun, Theodore Manuel asal Tangerang Selatan, dan Shabiyya Bilqis asal Sidoarjo, terlibat langsung.

Mereka melantunkan satu lagu bertema dan 15 lagu baru KILA seperti lagu Kita Pasti Bisa, Kereta Api Lewat, dan Karena Kita Sahabat, dengan diiringi sanggar tari Fantasia Indonesia.

Tak hanya itu beberapa nama besar juga terlibat mulai dari Maureen R. Tauhatu sebagai Koordinator Komunikasi, Tanti Hudoro sebagai Vocal Director, Alfa Agustiar sebagai Pembuat Aransemen Musik, dan Dino Kristianto sebagai Penata Musik dan Vokal.

Edi menjelaskan hingga tahun ini Program KILA telah menghasilkan 16 lagu baru yang sudah disosialisasikan ke banyak anak-anak di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Kemendikbudristek galakkan kembali lagu anak di masyarakat

"Setelah beberapa kota, baru kali ini KILA sosialisasi di sekolah di Jakarta. Puncaknya nanti waktu Hari Anak,” ujarnya.

Kemendikbudristek juga telah melakukan sosialisasi terkait lomba KILA yang tahun ini hadir dengan lima kategori lomba yakni lomba menyanyi lagu anak kelompok usia 5-7 tahun serta lomba menyanyi lagu anak kelompok usia 8-13 tahun.

Kemudian lomba cipta lagu anak peruntukan usia 5-7 tahun, lomba cipta lagu anak peruntukan usia 8-13 tahun, dan lomba aransemen lagu anak daerah.

Pendaftaran KILA berlangsung pada 9 Maret-31 Mei 2024 dan tidak berbayar dengan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada akun medsos KILA.

Usai Surabaya, Solo, Denpasar, dan Jakarta, sosialisasi dan pentas musik KILA 2024 akan ditutup di Palembang pada 20-24 Mei mendatang.

Baca juga: Kemendikbudristek pentaskan Kita Cinta Lagu Anak peringati Hari Ibu

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024