Jakarta (ANTARA) - Universitas Mercu Buana (UMB) menjalin kolaborasi bersama Zheijang Business Technology Institute (ZBTI) dan perusahaan multinasional Ningbo Deli Import and Export Cp., Ltd untuk mengembangkan program bernama “Live Streaming Education”.

“Melainkan juga dalam rekrutmen kerja bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana di perusahaan-perusahaan di Tiongkok, pelatihan soft skills, dan peluang kerja praktik di Ningbo Tiongkok serta di perusahaan Ningbo Deli yang berbasis di Indonesia,” kata Rektor UMB Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Dalam kunjungannya ke Republik Rakyat Tiongkok pada Selasa (14/5) didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UMB Dr. Ariani Kusumo Wardhani, M.Ds, Cs., Andi menuturkan telah melakukan pembicaraan dalam upaya untuk memperluas dan memperdalam kerja sama dalam pendidikan berbasis teknologi.

Baca juga: LAM beri prodi teknik sipil dan elektro UMB akreditasi unggul

Baca juga: Rektor UMB: Mahasiswa harus junjung integritas dan etika kepemimpinan


Adapun hal yang didiskusikan berupa penjajakan kerja sama yaitu kesempatan melakukan penyusunan program gelar berganda, kolaborasi antar dosen, kolaborasi riset dan membuat asosiasi bidang ilmu bersama.

Profesor peneliti robot humanoid itu menekankan tidak hanya mencakup pengembangan program live streaming untuk pendidikan, berupa kolaborasi antarmata kuliah dan pelatihan Bahasa Tionghoa.

Nantinya, Ningbo Deli Import and Export Cp., Ltd, juga membuka peluang kerja sama untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMB untuk dapat melakukan kerja praktek maupun perekturan mahasiswa untuk bekerja di Ningbo maupun di perusahaan Deli yang berada di Indonesia melalui prosedur yang ditentukan.

“Kunjungan di Tiongkok tersebut menandai langkah konkret UMB dalam memperkuat jejaring internasionalnya dan menawarkan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi global mereka dalam era digital yang semakin terhubung ini,” ujar dia.

Selain itu, UMB juga melakukan penandatangan kerja sama berupa nota kesepahaman (MOU) dan MOA dilakukan juga dengan Beijing Institute of Technology (BIT), Beijing pada Kamis (16/5).

Baca juga: Jurnal Sinergi Universitas Mercu Buana dapat pengakuan internasional

Baca juga: Rektor: Kearifan lokal identitas penting bagi pergaulan global

Baca juga: Universitas Mercu Buana buka akses listrik bagi masyarakat di NTT

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024