So (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak para pemuda memainkan peran untuk menyongsong masa depan bangsa.

"Sekarang ini era generasi digital, memang eranya anak muda. Generasi milenial, sekarang generasi Z bahkan generasi Alfa yang akan memainkan peranan ke depan," katanya saat hadir di acara pelatihan konten kreator di Lokananta Solo, Jawa Tengah, Rabu.  

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempertegas posisi generasi milenial.  

"Dalam hal ini, generasi muda yang tentu representasi dari wali kota sekaligus wakil presiden terpilih, 100 persen ada di dunia ini. Kalau saya ini termasuk generasi baby boomer yang harus sudah berada di belakang. Kalau era saya di masa transisi tingkat penguasaan berbagai macam era digital sangat minim. Seandainya belajar keras pun tidak maksimal," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi Menko PMK yang sudah memberikan ruang cukup luas bagi anak muda khususnya anak muda Solo.

"Makasih arahannya khususnya penggunaan teknologi, terkait pelayanan publik, kreativitas anak muda, dunia kesehatan, dunia pendidikan," katanya.

Menurut dia, anak muda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya menggunakan teknologi terkini untuk memajukan kehidupan bangsa.

Disinggung soal investasi di bidang AI atau kecerdasan buatan, ia mengatakan akan segera disiapkan bangunan sekolahnya.

"Insya Allah tahun ini sudah dimulai, akhir tahun. MoU sudah disiapkan, progresnya positif. Nanti ada di STP (Solo Technopark)," katanya.

Baca juga: Menteri Sosial minta kreator konten tidak takut mencoba hal baru
Baca juga: Mengarahkan pemuda jadi kreator konten sejak dini
Baca juga: Kementerian BUMN dorong media jadi konten kreator di platform digital

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024