Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap berkolaborasi untuk mendukung pelaksanaan program Gerakan Serentak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting (Rampak Gemintang) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Ini bentuk keseriusan Pemprov Babel dalam melakukan percepatan pengentasan kemiskinan sekaligus eliminasi kasus stunting," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan program Rampak Gemintang telah diluncurkan dua hari lalu dengan mengambil lokasi SD Negeri 17 Tempilang, Kabupaten Bangka Barat.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat perkuat kerja sama lintas sektor atasi stunting

"Kita telah melakukan penelusuran dan penanganan secara terpadu. Kita berharap melalui program Rampak Gemintang yang dijalankan Pemprov Babel ini bisa berkolaborasi agar program selaras, tepat sasaran, dan permasalahan semakin cepat diselesaikan," katanya.

Rampak Gemintang adalah sebuah program inovasi dari Penjabat Gubernur Babel Safrizal bersama tim terkait dalam percepatan pengentasan kemiskinan dan stunting.

Baca juga: Bangka Barat siapkan program orang tua asuh anak stunting

Menurut Penjabat Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali, program Rampak Gemintang merupakan gerakan bersama dalam mengentaskan kemiskinan dan stunting yang memerlukan dukungan semua pihak.

"Dengan memberikan makanan tambahan secara serentak, bersama-sama dan berkelanjutan, kita optimistis bisa menangani pokok permasalahan yang ada di masyarakat, kita bisa bersama-sama menurunkan angka stunting di Babel," ujarnya.

Baca juga: PKK Bangka Barat perkuat kolaborasi turunkan stunting

Selain itu, kata dia, dalam gerakan serentak ini juga akan membagikan tablet tambah darah, pemberian makanan tambahan pada anak stunting, anak kurang gizi, gizi buruk, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024