Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis nomor satu dunia dan juara Grand Slam delapan kali Andre Agassi ditunjuk sebagai kapten Tim Dunia Laver Cup yang baru, dan dia akan memulai masa jabatannya itu pada Laver Cup 2025 di San Francisco.

Agassi akan mengambil alih kepemimpinan dari rekan senegaranya John McEnroe, yang telah menjadi kapten Tim Dunia sejak Laver Cup perdana di Praha pada 2017.

McEnroe dan rival lamanya Bjorn Borg, Kapten Tim Eropa, akan saling berhadapan terakhir kali di Laver Cup tahun ini, yang akan diadakan di Uber Arena, Berlin, pada 20-22 September.

Agassi adalah satu dari lima petenis yang mencapai karier Grand Slam di Era Open. Dia mengubah dunia tenis pada tahun 90-an dengan kemampuan menyerang bola yang agresif, gaya yang memukau di dalam dan di luar lapangan, salah seorang paling karismatik dalam sejarah olahraga tenis, dan popularitasnya membuat ia menjadi legenda.

Selain delapan gelar turnamen major, ia memenangi medali emas Olimpiade di Atlanta dan 60 gelar ATP selama 21 tahun karier profesionalnya sebelum pensiun di US Open 2006 setelah mendapat tepuk tangan meriah selama empat menit dari para penggemarnya.

"Saya merasa sangat terhormat menerima undangan menjadi kapten Tim Dunia Laver Cup," kata Agassi, yang akan menghadiri acara tahun ini di Berlin untuk mempersiapkan peran barunya dan secara resmi diperkenalkan sebagai kapten Tim Dunia berikutnya, dalam keterangan tertulis di laman resmi Laver Cup, Rabu.

"Hanya dalam tujuh tahun yang singkat sejak Laver Cup dimulai, sangat menyenangkan bagi para penggemar, termasuk saya sendiri, untuk menyaksikan tim-tim hebat bekerja sama dan bersaing satu sama lain dalam lingkungan tim yang luar biasa ini."

"Level kompetitif Laver Cup berada di luar jangkauan dan mudah untuk mengetahui alasannya. Anda berada di sana bersama tim, rekan-rekan Anda, orang-orang yang Anda hormati, dan semua orang memiliki tanggung jawab," ujar Agassi.

"Bagi saya kuncinya adalah memahami dan mengelola kebutuhan para pemain sepanjang tahun dan benar-benar mengenal mereka sehingga saya dapat memilih pertandingan yang akan memberi kami peluang terbaik untuk meraih kemenangan dan membawa pulang Laver Cup."

Agassi berharap dapat membangun hubungan baik dan kepercayaan dengan para pemain anggota tim seperti yang telah dilakukan McEnroe. Ia mengaku sangat bersemangat, dan tidak menganggap enteng peran barunya itu.

Baca juga: Djokovic tunjuk Agassi sebagai pelatih baru
Baca juga: Nadal hasilkan kemenangan pertama pada grup Andre Agassi

Selanjutnya: CEO Laver Cup

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024