Insya Allah kita siap memberikan berbagai kemudahan kepada investor yang akan memanfaatkan kawasan yang akhirnya juga akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah,
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) menyatakan siap memberikan kemudahan kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Mubadala Energy yang akan memanfaatkan kawasan tersebut untuk mendukung kegiatan eksplorasi lepas pantai Aceh Utara-Lhokseumawe, tepatnya di Sumur Tangkulo-1 di South Andaman.

“Untuk mendukung kegiatan yang akan mereka lakukan di lepas pantai, tentu mereka membutuhkan kawasan untuk mobilisasi peralatan, personel, pemanfaatan pelabuhan, pergudangan dan tentu kemudahan kepabeanan,” kata Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain dihubungi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan sebagai daerah kawasan, BPKS sedang menginventarisir berbagai kemudahan yang nantinya dapat diberikan kepada investor yang akan memanfaatkan daerah kawasan Sabang tersebut.

“Artinya, mereka pasti akan memobilisasi peralatan dari luar negeri dan penggunaan jasa pelabuhan yang tinggi sehingga perlu perlakuan khusus terhadap mereka sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebagai daerah kawasan,” katanya.

Menurut dia, sejauh ini sudah ada pembicaraan dengan calon investor KKKS yang akan memanfaatkan daerah kawasan untuk mendukung kegiatan eksplorasi migas di South Andaman.

“Insya Allah kita siap memberikan berbagai kemudahan kepada investor yang akan memanfaatkan kawasan yang akhirnya juga akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Ia menambahkan dengan pemanfaatan daerah kawasan tersebut dan kemudahan yang diberikan untuk kawasan kepabeanan tersebut akan menambah penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca juga: Gubernur minta BPKS kembangkan Sabang jadi pusat perdagangan dunia
Baca juga: Sabang Marine Festival jadi daya tarik investasi sektor MICE di Sabang


Sebelumnya SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Mubadala Energy telah mengumumkan penemuan gas signifikan di 65 kilometer lepas pantai Aceh Utara-Lhokseumawe, tepatnya di Sumur Tangkulo-1 di South Andaman.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan temuan berurutan dengan potensi lebih dari 2 TCF gas-in-place pada sumur Tangkulo-1 yang dibor hingga kedalaman 3.400 meter pada kedalaman laut 1.200 meter ini menempatkan Blok South Andaman sebagai salah satu gas plays terpenting di dunia.

“Temuan sebesar 47 standar kubik feet per day dan 1.300 barel condensat per day berhasil dilaksanakan tes. Nantinya akan ada tahapan yang harus kita lalui, dan selanjutnya dilaksanakan," katanya.

Rikky menambahkan, setelah melaksanakan study lanjutan terkait seberapa besar potensi yang ada, baru dapat diketahui seberapa besar produksi yang bisa dihasilkan nantinya.

"Nantinya KKKS akan menyampaikan proposal ke SKK Migas. Selanjutnya SKK Migas akan melaksanakan evaluasi dan pertimbangan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan itu diajukan kepada Menteri ESDM. Juga berkonsultasi dengan Pemerintah Aceh," kata Rikky.

Baca juga: Kapal pesiar Crystal Symphony bawa 105 turis asing mendarat di Sabang
Baca juga: Kemenko Marves: Sabang punya potensi investasi besar


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024