Untuk jalur perkotaan pada saat malam Tahun Baru mulai pukul 18.00 WIB kami melaksanakan sterilisasi
Garut (ANTARA News) - Sejumlah jalan di pusat kota Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditutup bagi kendaraan roda dua maupun empat selama malam pergantian tahun 2013-2014 mulai pukul 18.00 sampai 00.00 WIB.

"Untuk jalur perkotaan pada saat malam Tahun Baru mulai pukul 18.00 WIB kami melaksanakan sterilisasi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Bariu Bewana kepada wartawan, Selasa.

Ia mengatakan, penutupan diberlakukan dari Jalan Kabupaten, Jalan Bank, Jalan H Yaya, Jalan PLN, Jalan Papandayan, Jalan Cikuray yang hendak menuju arah Jalan Ahmad Yani.

Ia menjelaskan, jalur yang ditutup untuk menghindari kemacetan di pusat kota, jalur tersebut hanya dapat digunakan oleh pejalan kaki selama malam pergantian tahun.

"Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya merupakan kawasan yang menjadi titik kumpul keramaian masyarakat, sehingga kami berlakukan penutupan," kata Bariu.

Menurut dia, Satuan Lalu Lintas Polres Garut telah menyiagakan anggota di setiap persimpangan jalan untuk melakukan pengamanan arus kendaraan pada malam pergantian tahun.

Selain itu, lanjut dia, pengamanan lalu lintas bukan hanya di pusat kota, tetapi dilakukan juga disepanjang jalur utama Bandung-Garut dan wilayah selatan Garut.

"Untuk 31 Desember dan 1 Januari 2014, kami dari satuan Lalu Lintas Polres Garut telah mempersiapkan personel lalu lintas dengan kekuatan penuh di setiap persimpangan maupun rawan macet di sepanjang jalan di Kabupaten Garut," katanya.

Sementara itu menjelang malam sejumlah ruas jalan di kota Garut mulai ramai oleh pejalan kaki dan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Beberapa titik jalan mulai terjadi kemacetan, namun tidak terlalu panjang dan tidak berlangsung lama.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013