Bilamana ada ruang publik seperti sekolah atau kantor kecamatan bisa digunakan untuk kantung parkir
Garut (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyediakan area parkir tambahan di destinasi wisata agar tersedia cukup untuk menampung kendaraan bermotor wisatawan saat musim libur panjang Hari Raya Waisak, akhir pekan maupun libur sekolah.

"Untuk parkir di tempat wisata sudah disediakan, ada satuan ruang parkir yang dikelola Dishub dan (Dinas) Pariwisata," kata Kepala Dishub Kabupaten Garut Satria Budi saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Kamis.

Ia menuturkan setiap musim libur, sejumlah destinasi wisata Kabupaten Garut selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah menggunakan kendaraan bermotor.

Dishub Garut, kata dia, sudah mempersiapkan kantung-kantung parkir kendaraan untuk menunjang kebutuhan lahan parkir apabila kawasan parkir utama di tempat wisata sudah penuh.

Ia menyebutkan area parkir tambahan yang disiapkan seperti ruang publik, sejumlah jalan, lapangan sekolah, maupun kantor pemerintahan yang berada di sekitar destinasi wisata.

Baca juga: Dishub Garut siapkan tim cek bus pariwisata saat libur panjang Waisak

Baca juga: KemenKopUKM beri pelatihan perajin kulit Garut tingkatkan daya saing


"Bilamana ada ruang publik seperti sekolah atau kantor kecamatan bisa digunakan untuk kantung parkir," katanya.

Ia mengatakan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut semuanya sudah tersedia lahan parkir kendaraan dengan kapasitas ruang yang masih terbatas seperti kawasan Cipanas Garut, Darajat, maupun wisata alam lainnya.

Pengelola objek wisata, kata dia, diwajibkan untuk menyediakan ruang parkir kendaraan yang memadai agar tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan di kawasan wisata.

"Idealnya tiap-tiap fasilitas objek wisata wajib ada tempat parkir, jadi tidak mengganggu ruang publik lainnya, arus lalu lintas juga terjamin lancar," katanya.

Ia menambahkan Dishub Garut juga tidak hanya menyiapkan area parkir tambahan, tapi juga menerjunkan tim pengawas parkir untuk mengatur parkir kendaraan agar tidak semrawut di kawasan wisata maupun di perkotaan Garut.

"Menyambut libur panjang ini ada kantung parkir, petugas kita juga sudah siap memfasilitasi masyarakat yang liburan untuk mengatur kelancaran," katanya.

Baca juga: Disparbud sebut ribuan wisatawan kunjungi destinasi wisata di Garut

Baca juga: KA relasi Jakarta-Garut penuh saat libur panjang pekan ini

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024