Badung, Bali (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Badung, Bali meresmikan Pasar Desa Canggu yang dibangun menggunakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) anggaran perubahan 2023 Badung sebesar Rp16 miliar lebih untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.
 
“Kami berupaya untuk menghidupkan dan menggerakkan ekonomi terutama ritel yang ada untuk kepentingan tradisional. Saya yakin dan percaya ini bisa berjalan dengan melihat pertumbuhan pariwisata di sini yang meningkat dengan pesat,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Bali, Kamis.
 
Ia mengatakan dirinya memiliki program kebijakan untuk menumbuhkan ekonomi kemasyarakatan dengan cara meningkatkan sarana prasarana penunjang aktivitas ekonomi untuk menjalankan potensi masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Pastika usulkan "Kampung Turis" Canggu ikut kelola aset Pemprov Bali
 
Untuk itu, dirinya meminta ke perbekel atau kepala desa dan pengelola pasar yaitu badan usaha milik desa setempat agar pengisian kios dapat diberikan prioritas kepada masyarakat lokal Canggu.
 
Selain itu, Bupati Giri Prasta juga mendorong agar aktivitas di pasar tersebut dapat dilakukan dengan berkolaborasi bersama hotel dan restoran yang ada di wilayah Canggu, sehingga dapat semakin menghidupkan roda perekonomian masyarakat Canggu.
 
“Potensi pariwisata yang ada di Canggu bergerak sangat baik, untuk itu saya minta juga kepada semua masyarakat di sini agar bersatu untuk membangun Canggu, agar di Canggu mereka bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri,” kata dia.
 
Ia menambahkan dirinya berkeyakinan bisa menjadikan role model atau percontohan dengan keberadaan badan usaha milik desa yang mampu memberikan keuntungan kepada desa serta masyarakat.
 
“Saya ingin ini bisa berjalan dengan baik, untuk penataan serahkan kepada pemerintah, akan ditata dengan baik dan saya buktikan, sebelum habis masa jabatan saya sebagai Bupati, pembangunan untuk Canggu akan saya selesaikan, karena di tahun ini pula akan di peluncuran pembangunan MRT,” kata Giri Prasta.

Baca juga: Investor RI sasar Canggu Bali investasi sektor perhotelan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024