Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Petenis Indonesia mendominasi babak delapan besar atau perempat final tunggal putera seri kedua "Detec International Junior Championships" yang berlangsung di Lapangan tenis GOR Pusat Kegiatan Pemuda, Seni, dan Olahraga (PKPSO) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dua di antaranya berhasil membuat kejutan dengan menjungkalkan unggulan berperingkat lebih tinggi di babak 16 besar turnamen berlevel dunia Federasi Tenis Internasional (ITF) J30 tersebut di Jember pada Kamis.

Non-unggulan, Brandon Lehman (16 tahun) sukses mengalahkan seeded ketiga, Ahmad Fauzan. Petenis asal Semarang, Jawa Tengah itu memenangi duel sesama wakil Merah Putih itu melalui laga rubber set, 3-6, 6-2, 6-4.

"Saya pernah kalah dari Fauzan, setahun lalu saat seleksi nasional. Belajar dari pertemuan itu, saya harus terus menekannya sepanjang pertandingan, tak boleh kendor," kata Brandon.

Brandon akan menantang unggulan kelima, Jahfal Muna Kanahaya pada babak delapan besar yang akan digelar di lapangan tenis GOR PKPSO Jember, Jumat (24/5).

Baca juga: Petenis junior dari 17 negara ikuti turnamen ITF J30 di Jember

"Saya pernah ketemu, tapi sudah lama sekali di kelompok umur nasional saat pandemi tahun 2021. Dulu saya kalah, tapi sekarang siap menang di perempat final," tuturnya.

Seeded ke-12, M. Ragil Putra Yudha juga menorehkan langkah gemilang. Petenis asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu sanggup merontokkan unggulan keenam, Vishal Prakash dari India, 4-6 7-6(1) 4-0 retired.

Pada laga perempat final, Ragil bakal berjibaku dengan unggulan teratas, Rafalentino Ali Da Costa.

Kendati sempat kerepotan di set kedua, Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan masih mampu lolos dari hadangan Kanthat Surarityotin. Juara seti pertama itu kembali menepiskan perlawanan wakil Thailand itu, 6-2, 7-6(3).

Unggulan kedua itu akan meladeni petenis Sukoharjo, Jawa Tengah yakni M. Akmal Junaini yang menang atas Ruochen Gao (Tiongkok) 6-7(5), 6-3, 6-2.

Partai All Indonesian Quarterfinal event berlabel ITF J30 Jember itu menyajikan duel antara unggulan keempat, Raphael Dandi Perwira Paska menghadapi seeded ke-10, Michal Ihsan Wicaksana.

Petenis junior dari 17 negara mengikuti turnamen tenis tingkat dunia bertajuk Detec International Junior Championships digelar di lapangan tenis GOR PKPSO di Kabupaten Jember untuk dua seri ajang resmi dalam kalender kompetisi Federasi Tenis Internasional (ITF) itu, 11-26 Mei 2024.

Baca juga: Unggulan putri melenggang, putra memasuki 32 besar ITF J30 Jember
Baca juga: Aldhito Ramadhan rebut juara Detec International Junior 
Baca juga: Petenis Anjali Kirana borong gelar juara Detec International Junior

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024