Jakarta juga tumbuh dan dihuni penduduknya yang beragam
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak warga Jakarta untuk menciptakan kerukunan umat beragama demi mewujudkan kota yang aman, damai, dan kondusif.
 
"Sejalan dengan tema Hari Raya Waisak yang diusung Kementerian Agama RI pada tahun 2024 ini tentang kesadaran atas keberagaman maka Jakarta juga tumbuh dan dihuni penduduknya yang beragam. Untuk itu, kerukunan antarumat beragama sudah pasti menjadi komitmen yang dipegang teguh oleh semua yang ada di sini," kata Heru di Jakarta, Kamis, saat bersama umat Buddha merayakan  hari Waisak.
 
Menurut Heru dengan kerukunan, maka warga Jakarta bisa berkontribusi sesuai dengan perannya masing-masing untuk membangun Jakarta ke arah yang lebih baik.
 
"Tentu dengan rasa memiliki (sense of belonging) kota ini, kita bisa bersama-sama menghadirkan kedamaian, keamanan, dan suasana yang kondusif," ujar Heru.
 
Selain itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Satpol PP DKI Jakarta terus berusaha menghadirkan ketentraman dan ketertiban umum, dengan mengerahkan personel yang terus bersiaga di berbagai titik.
 
Namun, Heru mengaku pemerintah tidak bisa bergerak sendiri. Hal ini memerlukan peran masyarakat dalam mengambil bagian untuk sama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban Jakarta.
 
"Toleransi umat beragama, antarsuku, perlu kita rawat dan jaga. Dengan begitu, timbul suasana bahagia dan harmonis di kota ini," ucap Heru.
 
Lebih lanjut, Heru mengatakan keamanan dan kedamaian Jakarta juga bisa diwujudkan dengan sikap saling menghargai satu sama lain dan lebih mementingkan kepentingan umum daripada pribadi atau kelompok. Sebagaimana diterapkan saat menjalani aktivitas atau kehidupan sehari-hari.
 
Menurut Heru, jika itu sudah biasa kita lakukan, maka mewujudkan persatuan bukan lagi sesuatu yang sulit dilakukan. Perbedaan dan keberagaman ini harus disadari sebagai suatu hal yang justru bisa saling menguatkan satu sama lain.
 
"Mari kita bersinergi untuk menjadikan Jakarta, bahkan Indonesia, yang lebih maju di masa depan," ucap Heru.
Baca juga: Umat Buddha Jakarta kunjungi wihara tertua untuk rayakan Waisak
Baca juga: Hari Raya Waisak, 90 personel polisi amankan 14 vihara di Jakbar
Baca juga: KAI Daop 1 catat penumpang naik 69 persen H-1 Hari Raya Waisak 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024