Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah meminta jamaah calon haji asal provinsi ini agar menjaga kebersamaan dan kekompakan selama berada di Arab Saudi dalam pelaksanaan ibadah haji.
 
"Selama melaksanakan ibadah haji, jaga kebersamaan dan kekompakan. Saudara-saudara sekalian akan berangkat dalam satu rombongan besar. Untuk itu, jagalah kebersamaan dan kekompakan di antara sesama jamaah," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulteng Fahrudin D Yambas saat melepas jamaah calon haji Sulteng di Palu, Kamis malam.
 
Ia mengatakan kebersamaan dan kekompakan menjadi salah satu faktor penunjang kelancaran pelaksanaan ibadah haji yang dijalani oleh jamaah selama di Tanah Suci.
 
Oleh karena itu, dia meminta calon haji Sulteng agar memperkuat ukhuwah Islamiah dengan saling tolong menolong, saling mengingatkan, dan saling menjaga bersama calon haji lainnya.

Baca juga: Pemkot Palu imbau jamaah jaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji
 
Fahrudin juga meminta jamaah dan petugas pendamping agar menjaga kesehatan fisik sejak sebelum berangkat hingga pelaksanaan ibadah haji dan kembali ke tanah air.
 
"Jaga kesehatan. Perjalanan haji adalah perjalanan panjang dan penuh dengan tantangan. Oleh karena itu, saya mengingatkan agar saudara selalu menjaga kesehatan baik sebelum berangkat, selama di Tanah Suci maupun setelah kembali ke tanah air," ujarnya.
 
Dia berharap perjalanan ibadah jamaah calon haji berjalan lancar, diberikan kesehatan dan keselamatan, serta kelancaran dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik tanpa hambatan.

Baca juga: Dinkes: Empat paramedis Kota Palu jadi tenaga kesehatan haji
 
Kloter BPN-8 dari Kota Palu, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut, Sulawesi Tengah, merupakan kloter pertama yang diberangkatkan dari Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu menuju Embarkasi Haji di Balikpapan. Kemudian, pada Sabtu (25/5) kloter pertama itu akan menuju Jeddah, Arab Saudi, dari Embarkasi Balikpapan.
 
Berdasarkan data Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, jumlah calon haji dari Sulteng tahun 2024 sebanyak 2.073 orang ditambah 34 petugas haji, sehingga total calon haji dan petugas haji sebanyak 2.107 orang.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng Ulyas Taha mengatakan jamaah calon haji Sulteng terbagi ke dalam tujuh kloter dengan enam kloter penuh dan satu kloter gabungan bersama Kalimantan Timur.

Baca juga: Pemkab Sigi imbau jamaah jaga kekompakan selama ibadah haji 2024
 
"Harapannya adalah jamaah calon haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik. Tentunya harapan kita bersama juga adalah mereka semua bisa kembali dalam keadaan sehat," ujarnya.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024