Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic yang memastikan tempat di semifinal Jenewa membuat petenis peringkat satu dunia itu terpaut dua pertandingan lagi untuk meraih trofi pertamanya pada 2024, beberapa hari sebelum upayanya untuk mempertahankan gelar French Open dimulai.

Djokovic mengatasi tantangan set pertama dari Tallon Griekspoor untuk menang 7-5, 6-1 dalam 77 menit di Parc des Eaux-Vives.

Griekspoor, peringkat 27 dunia, menjadi unggulan keenam pada turnamen Jenewa yang diikuti 28 petenis, yang berfungsi sebagai pemanasan sebelum Grand Slam kedua musim ini di Paris pekan depan.

Petenis Belanda itu mendapat tiga set point melawan Djokovic di set pertama.

"Itu adalah kemenangan yang luar biasa. Saya pikir set pertama bisa berjalan dengan mudah karena menurut saya dia adalah pemain yang lebih baik di sebagian besar set pertama," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Kami bisa saja memiliki arah pertandingan yang berbeda jika dia mampu mengonversi set point tersebut."

"Saya beruntung bisa melakukan servis yang sangat bagus dan sejak saat itu saya benar-benar memainkan permainan tenis yang bagus dan solid," ujar petenis Serbia itu.

Djokovic yang berusia 37 tahun pada Rabu (22/5) memanfaatkan wild card untuk bermain di Jenewa dalam upaya menyelamatkan penurunan performa yang mengkhawatirkan menjelang Roland Garros pekan depan.

Baca juga: Djokovic rayakan ulang tahun ke-37 dengan kemenangan ke-1.100

Djokovic akan menghadapi petenis Ceko Tomas Machac di semifinal pada Jumat.

Keduanya baru bertemu satu kali sebelumnya dan Djokovic memenangi laga mereka di Dubai tahun lalu.

Machac, peringkat 44 dunia, akan tampil di semifinal pertamanya di tur ATP.

Dia mengalahkan petenis berusia 19 tahun asal Amerika Serikat Alex Michelsen 6-3, 7-6 (7/2) di perempat final di lapangan tanah liat Jenewa.

Baca juga: Nadal selalu jadi favorit Djokovic untuk menangi French Open
Baca juga: Nadal akan hadapi Zverev di laga pembuka French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024