Situbondo (ANTARA) - Sebanyak 863 calon haji berasal dari Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat, diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan selanjutnya pada Sabtu (25/5) diterbangkan ke Bandara King Abdul Azi, Jeddah, melalui Bandara Internasional Juanda.

Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas keberangkatan jamaah calon haji dari Alun-Alun Situbondo didampingi forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat.

"Dengan mengucap bismillahir-rahmanir-rahim jamaah calon haji saya berangkatkan, semoga selamat sampai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan pulang ke Situbondo selamat," kata Bupati Karna Suswandi sembari memberangkatkan belasan bus calon haji.

Ia juga berpesan kepada para calon haji agar menjaga nama baik Indonesia dan Kabupaten Situbondo pada khususnya.

"Titip nama baik Indonesia dan Situbondo. Jangan lupa pula mendoakan semua masyarakat Situbondo semakin sejahtera dan maju sejajar bersama dengan kabupaten lain," kata dia.

Baca juga: Seorang calon haji asal Siak meninggal di RS King Salman Madinah

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo Fandi menjelaskan 863 calon haji yang diberangkatkan tahun ini untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Makkah dibagi menjadi tiga kelompok terbang, yakni kloter 53, 54, dan 55.

Kloter 53 dan 54 berjumlah 737 calon haji diberangkatkan pada pukul 11.00 WIB oleh Bupati Karna Suswandi, sedangkan kloter 55 berjumlah 139 calon haji diberangkatkan pada pukul 15.00 WIB.

Kelompok terbang 53 dan 54 dijadwalkan tiba pada pukul 19.00 WIB di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sedangkan kelompok terbang 55 pada pukul 21.00 WIB.

Ia mengatakan jamaah calon haji akan menginap di Asrama Haji Sukolilo. Pada Sabtu (25/5) mereka akan terbang ke Bandara King Abdul Azis, Jeddah, secara berurutan.

Kloter 53 berangkat pada pukul 21.00 WIB dari Bandara Juanda, kloter 54 berangkat pukul 22.00 WIB, dan kloter 55 berangkat pukul 23.20 WIB.

"Jamaah calon haji ini akan berangkat besok (25/5) malam dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara King Abdul Azis, Jeddah," ujarnya.

Baca juga: Garuda Indonesia berkomitmen wujudkan keselamatan penerbangan haji
Baca juga: Kemenag protes keras Maskapai Garuda imbas delay penerbangan SOC 41
Baca juga: Satu calon haji asal Jatim yang dirawat di Deli Serdang sudah sembuh

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024