Seirampah (ANTARA) - Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Darma Wijaya mengimbau seluruh calon haji untuk senantiasa menjaga kesehatan dan stamina serta jaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga dapat mengantisipasi apapun kondisi cuaca selama berada di tanah suci.

"Hal ini penting karena ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut kesiapan fisik. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana dengan sebaik mungkin," katanya di Seirampah, Jumat.

Jumlah calon haji asal Serdang Bedagai untuk tahun ini sebanyak 319 orang dan ditambah 8 orang petugas haji yang tergabung dalam kloter 16 gelombang 2 yang akan diberangkatkan ke Asrama Haji pada 29 Mei 2024.

Kemudian pada 30 Mei 2024 akan diterbangkan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Jedah. Sedangkan 3 orang calon haji akan tergabung pada kloter 24 di tanggal 7 Juni 2024.

Baca juga: Satu calon haji asal Jatim yang dirawat di Deli Serdang sudah sembuh

Baca juga: Calon haji Deli Serdang diminta jaga kekompakan selama di tanah suci


Darma Wijaya berharap niat yang tulus dan ikhlas benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah, untuk memenuhi panggilan Allah dan semata-mata untuk mengharap Rida Allah SWT, bukan untuk tujuan lain, apalagi tujuan yang bersifat tercela seperti riya.

"Untuk itu, jadikan sifat tabah, sabar, dan tawakal sebagai sebaik-baiknya bekal, karena sifat-sifat tersebut, sangat diperlukan dalam melakukan perjalanan ibadah haji dan sekaligus akan mengantarkan seorang memperoleh predikat haji yang mabrur dan mabruroh," katanya.

Pemkab Serdang Bedagai, kata dia, terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam setiap penyelenggaraan haji.

"Selama di tanah suci dan khususnya di tempat-tempat yang mustajab, kami mohon para calon haji jangan pernah lupa untuk mendoakan kami serta daerah ini agar tetap aman, tenteram dan sejahtera, sehingga niat kita untuk menjadikan Kabupaten Serdang Bedagai ini maju terus, mandiri, sejahtera, dan religius, mendapat rida Allah SWT," katanya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Zulfan Efendi menyebut, keberangkatan gelombang dua calon haji Sumatera Utara pada 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

Terdapat 15 kelompok terbang (kloter) dari Embarkasi Medan yang akan diterbangkan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah mulai kloter 11 sampai 25.

Data PPIH Embarkasi Medan menyebutkan sebanyak 3.216 calon haji hingga Kloter 9 Embarkasi Medan asal Sumatera Utara sudah di Tanah Suci.

Kepada calon haji diminta mengenakan kain ihram sejak di Embarkasi Medan.

"Sejak di embarkasi jamaah sudah menggunakan kain ihram," katanya.

Sehingga begitu tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah tinggal pasang niat umrah dan langsung diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi.

Imbauan ini untuk memberikan kemudahan kepada jamaah calon haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.*

Baca juga: Sebanyak 357 jamaah haji Kloter 2 asal Deli Serdang tiba di Medan

Baca juga: Parini 92 tahun calon haji tertua kloter 16 asal Deli Serdang

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024