Dari Kloter 2, satu haji meninggal dunia atas nama Sudarno Ali Muaris dan mutasi (tanazul) ke Kloter 6 satu orang, yakni Suwarni Wakijan Abdullah nomor manifest 44
Medan (ANTARA) - Sebanyak 357 jamah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 2 asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara tiba di Asrama Haji Medan, Kamis.

Jamaah haji Kloter 2 tiba di Bandara Internasional Kualanamu sekira pukul 03.20 WIB. Kemudian dibawa ke Asrama Haji Medan untuk dilakukan prosesi pemulangan ke daerah asalnya.

Liputan lapangan menunjukkan, terlihat beberapa anggota keluarga yang akan melakukan penjemputan.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Medan H. Ahmad Qosbi Nasution menjelaskan Kloter 2 yang berjumlah 357 haji terdiri atas 350 orang haji dari Deli Serdang, dua orang petugas daerah Petugas Haji Daerah (PHD) Kabupaten Deli Serdan, dan lima orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia  TKHI.

Ia juga menjelaskan, dari Kloter 2, satu haji meninggal dunia atas nama Sudarno Ali Muaris dan mutasi (tanazul) ke Kloter 6 satu orang, yakni Suwarni Wakijan Abdullah nomor manifest 44.

Pada jamaah haji yang baru tiba di Tanah Air itu, Qosbi mengharapkan meningkatkan kesalehan-nya baik secara individu maupun sosial, serta menjadi panutan baik untuk keluarga, lingkungan tempat tinggal, maupun lingkungan kerja.

"Jadilah teladan bagi masyarakat sekitar. Mulai dari keluarga, lingkungan, dan tempat bekerja. Pengalaman yang didapat selama sebulan lebih di Tanah Suci Mekkah adalah bentuk penguatan jamaah haji menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi panutan sekitarnya, mulai dari perkataan, sikap, dan sifat yang tentu berbeda sebelum berangkat," katanya.

Ketua PPIH Medan juga meminta kepada jamaah haji untuk terus menjaga dan meningkatkan ukhuwah islamiyah dalam satu kloter.

"Jangan lupakan teman selama melaksanakan ibadah haji dalam Kloter 2 ini. Bentuk pengajian, kegiatan ibadah dan lainnya dalam rangka menjaga silaturahim," kata Qosbi.

Baca juga: PPIH Debarkasi Solo pulangkan jamaah haji Jateng enam kloter
Baca juga: PPIH berhasil pulangkan peserta haji tanpa paspor
Baca juga: Satu haji Sulsel wafat, jumlah meninggal Embarkasi Makassar 23 orang


 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023