Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 5000 pelari siap meramaikan One Run 10K 2024 yang dihelat pada Minggu (26/5) dimulai dari Epicentrum Kuningan, mengarah ke Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

One Run 10K yang pada tahun ini memasuki edisi kedua melombakan dua kategori yakni 10k dan 5k.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga bahwa upaya tvOne dalam mendukung program pemerintah untuk mengolahragakan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Kami berharap masyarakat menjadi lebih produktif dengan mindset yang positif dan sportif," ujar Ketua Pelaksana One Run 10K, Ecep S Yasa dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ecep berharap dengan terselenggaranya lomba bertajuk One Run 10k ini dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata sport tourism khususnya bagi warga Jakarta.

“Dukungan maksimal dari para sponsor menunjukkan bahwa visi ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari berbagai pihak. Harapan lainnya dengan adanya One Run 10K ini bisa menjadi destinasi sport tourism unggulan bagi warga Jakarta dan Indonesia saat ini maupun untuk tahuntahun selanjutnya, juga dapat meningkatkan perekonomian daerah sekitar," ujar Ecep.

Baca juga: Ajang lari LPS Monas Half Marathon 2024 dirancang lebih kompetitif

Para peserta nantinya akan memperebutkan hadiah senilai total Rp350 juta. Hadiah ini akan diberikan kepada para pemenang lomba di setiap kelas yakni pada kelas nasional, master A dan master B, serta pelajar, masing-masing putra dan putri peringkat satu hingga lima. Selain itu akan ada hadiah hiburan lainnya bagi para peserta One Run.

Pengelolaan lomba kembali dipercayakan kepada IdeaRun Race Management yang telah sukses mengelola acara ini sejak tahun lalu. Untuk memastikan rute lomba akurat, rute telah dikalibrasi sejak tahun lalu oleh PB PASI. Sertifikat rute yang telah dikalibrasi resmi ini berlaku hingga empat tahun ke depan terhitung sejak 2023 lalu.

“Dengan demikian, kendala akurasi jarak lari telah diatasi,” ujar Direktur IdeaRun yang juga merupakan Race Director di One 10K 2024, Safrita Aryana.

Proses registrasi dibuka pada 15 Desember 2023 dan ditutup pada pekan ketiga Januari 2024. Masa registrasi praktis berjalan sangat cepat, dengan 5.000 slot peserta terisi dalam waktu lima pekan.

Saat ini tercatat sejumlah nama penting menjadi peserta dalam acara ini, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, dari kalangan atlet nasional di antaranya Ricky Martin Simbolon, Ai Kusmiati, Eva Desiana, Anjasari Dewi dan lainnya, serta akan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Wahana Visi Indonesia gelar lari untuk pendidikan anak di Papua

Baca juga: 5000 pelari bakal ramaikan ajang Titan Run 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024