Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan berkiprah di tingkat nasional adalah salah satu resolusi dirinya pada 2014.

"Saya kira kalau hal itu lebih maslahat dan kemungkinannya ada, ya jawabannya siapa pun harus siap berkontribusi untuk negara," kata Ahmad Heryawan di Bandung, Rabu.

Tahun 2014 memang tahun politik, kata Heryawan, namun sebagai warga negara yang diberi amanat memimpin Jawa Barat, dia berjanji saat ini akan menjalankan amanah itu dengan sebaik dan seoptimal mungkin.

"Begini, saya terus terang, fokus utama saya saat ini adalah sebagai Gubernur Jawa Barat. Kalau ditinggalkan bahaya banget. Yang sudah di tangan wajib hukumnya dikelola dengan baik jangan sampai diabaikan karena hal-hal pencapresan. Kan itu tidak boleh. Artinya tugas sebagai gubernur jadi tugas utama," katanya.

Namun jika dalam perkembangan dia diharuskan terjun ke tingkat nasional maka dia memegang prinsip "mengalir seperti air".

"Kalau kemudian pada saat yang bersamaan ada perkembangan yang mengharuskan saya terjun di tingkat nasional ya kalimatnya ngalir saja dan harus siap," katanya.

Dia mengaku sangat tegang saat menghadapi 2013 lalu karena beberapa momentum yang harus dihadapinya, mulai dari Pemilihan Raya (Pemira) PKS hingga Pilgub Jabar.

"Terus terang sedikit tegang, lebih tegang malah dari 2008, karena mempertahankan, Kelihatannya itu wajar juga, tapi meskipun tahun 2013 cukup tegang, masih bisa diatasi," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014