kami tetap mempertahankan aspek 'safety, security' dan 'service' kepada seluruh pengguna jasa kebandaraan
Banda Aceh (ANTARA) -
Pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Angkasa Pura II memastikan fasilitas dan peralatan berfungsi baik menghadapi arus penumpang pada libur panjang 23 hingga 26 Mei 2024.
 
“Kami memastikan seluruh fasilitas dan peralatan berfungsi dengan baik, ada pengaturan check in counter untuk mengurai antrean di 'check in area' apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang di Bandara SIM,” kata kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Banda Aceh, Jumat.
 
Ia menjelaskan hingga saat ini pergerakan penumpang di Bandara SIM dalam masa libur panjang tersebut masih terlihat normal dan belum ada pergerakan peningkatan jumlah penumpang.
 
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pengguna bandara dan kami tetap mempertahankan aspek 'safety, security' dan 'service' kepada seluruh pengguna jasa kebandaraan,” katanya.
 
Ia menyebutkan total penumpang yang berangkat dan datang pada Rabu (22/5) sebanyak 2.378 penumpang dan Kamis (23/5) sebanyak 2.015 penumpang.
 
“Artinya, sejauh ini belum terlihat terjadi lonjakan penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar,” katanya.

Baca juga: Tingkatkan wisata, Sandiaga: Aceh butuh tambahan akses transportasi

Baca juga: Batik Air dari Bandara Aceh ke Jakarta gagal berangkat kendala teknis

 
Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).
 
Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.
 
Kemudian untuk rute domestik terdiri atas Jakarta, Kualanamu dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.
 
Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3.000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.
 
Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Bandara SIM:Pelita Air tambah pilihan transportasi udara warga Aceh

Baca juga: Kemenhub akomodir subsidi penerbangan perintis dari Gayo Lues Aceh

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024