Jakarta (ANTARA) - KPU DKI Jakarta memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan meluncurkan tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta untuk menjamin hak suara pemilih di Jakarta.
 
"Pemetaan TPS penting dilakukan untuk memetakan perkiraan berapa jumlah yang akan dibentuk pada Pilgub mendatang," kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilgub DKI di Jakarta, Jumat.
 
Wahyu menuturkan tujuan rapat untuk memastikan kesiapan KPU Kabupaten/Kota dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-DKI Jakarta dalam melakukan pemetaan TPS.
 
Wahyu juga berharap penyelenggara pilgub agy dapat membangun koordinasi yang baik dengan pihak terkait di wilayah masing-masing, seperti lurah, RT/RW dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Baca juga: PDIP usulkan nama Ketua DPRD DKI maju dalam Pilgub DKI Jakarta
 
Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zikrillah menyampaikan bahwa pemetaan TPS harus memperhatikan beberapa aspek.
 
"Aspek itu meliputi tidak menggabungkan kelurahan, kemudahan pemilih ke TPS, tidak memisahkan pemilih dalam satu KK pada TPS yang berbeda dan aspek geografis," ujar Fahmi.
 
Dalam pemetaan TPS dilakukan dengan membagi pemilih untuk setiap TPS paling banyak 600 orang.
 
Kemudian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024 pada Sabtu, 25 Mei 2024 di Lapangan Selatan Monas pukul 19.00 WIB.
 
"Peluncuran tahapan adalah tanda bahwa KPU DKI Jakarta telah siap melaksanakan Pemilihan Gubernur serentak pada 27 November 2024," kata Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari.

Baca juga: MDI dukung Zaki sebagai bacagub DKI Jakarta
 
​​​​KPU Provinsi DKI Jakarta akan memperkenalkan maskot dan lagu promosi (jingle) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta dalam acara tersebut.
 
Lalu, ada stan sosialisasi Pilgub dari KPU Kabupaten dan Kota serta kupon (voucher) jajanan Betawi bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam permainan di stan tersebut.
 
Acara peluncuran dihadiri oleh musisi ternama Indonesia, Armada Band beserta band lainnya.
 
Pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota akan diselenggarakan serentak seluruh daerah pada 27 November 2024.
Baca juga: Bawaslu Kepulauan Seribu beri pembekalan kepada Panwascam

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024