Kekejian kejahatan di Volgograd sini tidak membutuhkan tanggapan tambahan,"
Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu menyebut pemboman mematikan di Rusia dalam tiga tahun belakangan sebagai kekejian, saat ia mengunjungi tempat dua serangan bunuh diri, yang menewaskan 34 orang menjelang Olimpiade Musim Dingin Sochi.

"Kekejian kejahatan di Volgograd sini tidak membutuhkan tanggapan tambahan," kata Putin dalam kunjungan mendadak ke kota industri berpenduduk satu juta di sungai Volga itu.

"Tidak peduli bagaimana penjahat bisa membenarkan tindakan mereka, tidak ada pembenaran atas kejahatan yang dilakukan terhadap warga sipil, terutama terhadap perempuan dan anak-anak," kata pemimpin Rusia dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Sebuah bom di stasiun kereta api utama kota selatan menewaskan 18 orang pada Minggu, sementara serangan kedua yang melanda bis listrik pada Senin mengklaim menewaskan 16 orang.

Ledakan itu adalah paling mematikan di Rusia sejak serangan bunuh diri di Bandara Domodedovo Moskow yang diklaim oleh gerilyawan dari Kaukasus Utara menewaskan 37 orang pada Januari 2011.

Kekerasan terbaru telah meletakkan ancaman telanjang yang ditimbulkan oleh pemberontak yang telah bersumpah untuk menargetkan warga sipil dalam upaya melemahkan persiapan Putin menjelang upacara pembukaan Olimpiade pada 7 Februari.

Putin dalam komentar pertamanya tentang serangan pada Selasa berjanji untuk "secara tegas dan konsisten terus berjuang melawan teroris sampai jumlah mereka lenyap".

Penyidik membuka penyelidikan pidana ke dalam tindakan yang diduga teror serta senjata ilegal.

Kepala juru bicara Komite Investigasi - di Rusia setara dengan
FBI AS - mengatakan sidik jari dari dua pelaku pemboman menunjukkan bahwa mereka diplot oleh kelompok sama.

Penelitian atas bahan peledak "menegaskan teori bahwa dua serangan itu terkait. Ada kemungkinan bahwa mereka disiapkan di tempat yang sama," kata juru bicara Komite Investigasi Vladimir Markin, demikian AFP.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014