Kami juga mengevakuasi warga dari pemukiman ke titik yang lebih aman
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan  banjir yang melanda di empat rukun tetangga (RT) di Kelurahan Pejaten Timur, dan Rawajati, Jakarta Selatan, sudah berangsur surut tinggal 1,4 meter, dibanding sebelumnya mencapai 2,6 meter.

"Berangsur surut sekarang jam 10.15 WIB di kisaran 120-140 centimeter," kata Komandan Pleton BPBD Jakarta Selatan Muhammad Nur di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan banjir yang terjadi di empat RT di Kelurahan Pejaten Timur dan Rawajati itu terjadi akibat meluapnya Sungai Ciliwung.

Menurut dia saat ini kondisi banjir sudah berangsur surut, dari sebelumnya ketinggian air mencapai 2,6 meter kini berkisar 1,2-1,4 meter untuk daerah yang terdampak terutama di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu.

Sementara itu, untuk banjir yang terjadi di dua RT yaitu 01 dan RT 10 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, ketinggian berkisar 90 centimeter.

Nur mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Jakarta Selatan ini dikarenakan meluapnya Sungai Ciliwung, dan dari informasi yang didapat bahwa Pintu Air Katulampa siaga 3.

"Akibat Katulampa siaga 3 dan Pintu Air Depok siaga 2 di aliran Sungai Ciliwung," katanya.

Nur menambahkan, pihaknya juga membantu sejumlah warga yang terdampak banjir dengan membawa ke tempat lebih aman, namun ia memperkirakan banjir akan cepat surut.

"Kami juga mengevakuasi warga dari pemukiman ke titik yang lebih aman," katanya.

Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Jumat (24/5) menyebabkan kenaikan status Bendung Katulampa menjadi siaga 3 (waspada) pada Jumat (24/5) pukul 19.16 WIB, Pos Pantau Depok menjadi siaga 3 (waspada) pada Jumat (24/5) pukul 23.00 WIB.

Pos Pantau Depok menjadi siaga 2 (siaga) pada Sabtu (25/5) pukul 00.00 WIB, Pintu Air Manggarai menjadi siaga 3 (waspada) pada Sabtu (25/5) pukul 06.00 WIB dan terjadinya genangan di wilayah DKI Jakarta.
Baca juga: BPBD DKI catat 16 RT mengalami banjir di Jakarta pada Sabtu pagi
Baca juga: Normalisasi Sungai Ciliwung upaya atasi banjir tahunan
Baca juga: BPBD DKI siagakan perahu dan pelampung di kelurahan rawan banjir-rob

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024