Pembukaan rute Ro-Ro menjadi prioritas kami. Karena semakin cepat kita wujudkan maka semakin cepat pula perekonomian kedua wilayah tumbuh
Batam, Kepri (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Johor Bahru Malaysia memperkuat hubungan bilateral untuk meningkatkan kerja sama bidang ekonomi kedua wilayah itu.

Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Kantor BP Batam, Kota Batam, Kepri, Sabtu, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan peningkatan konektivitas kedua wilayah yaitu Batam-Johor juga menjadi pembahasan utama.

Rudi menambahkan hadirnya rute kapal Ro-Ro baru Batam - Johor dinilai mampu meningkatkan konektivitas dan perekonomian Kota Batam.

“Pembukaan rute Ro-Ro menjadi prioritas kami. Karena semakin cepat kita wujudkan maka semakin cepat pula perekonomian kedua wilayah tumbuh. Tadi Menteri Besar Johor sudah menyampaikan akan didiskusikan lebih lanjut terkait persiapan infrastruktur di sana dengan kementerian terkait, sembari pelabuhan di Batam membenahi infrastruktur pendukung pelabuhannya,” kata Rudi.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Rudi juga membahas rencana pembangunan terminal baru di Terminal Ferry Internasional Batam Center untuk mempermudah wisatawan asing dari Batam dan ke Johor dan sebaliknya.

Baca juga: BP Batam berkomitmen tuntaskan investasi Rempang Eco City

Baca juga: BP Batam-Johor jajaki kerja sama peningkatan SDM tenaga medis


“Pengembangan Pelabuhan Batam Center kami khususkan untuk mendorong sektor pariwisata. Selain itu, jumlah tenaga kerja Indonesia di Johor juga cukup banyak, jadi saya rasa pengembangan ini juga akan bermanfaat untuk mereka,” ujar dia.

Ia berharap hasil diskusi ini dapat diteruskan ke lembaga tertinggi di Malaysia agar mendorong percepatan pembangunan infrastruktur kedua wilayah.

“Sebagai teman satu rumpun, saya juga berharap mudah-mudahan silaturahmi ini dapat terus terjalin dengan baik,” kata Rudi.

Menteri Besar Johor Dato' Onn Hafiz Ghazi mengatakan setelah melakukan pertemuan dengan BP Batam, pihaknya juga akan menindaklanjuti terkait kesiapan rencana pembukaan rute Ro-Ro Batam-Johor, baik dari segi infrastruktur, kesiapsiagaan, serta kesepakatan di tingkat kepemimpinan.

"Hal itu untuk memastikan semua daftar periksa dilihat secara terinci, dari segi infrastrukturnya, dari segi kesiapsiagaannya," kata dia.

Baca juga: REI Batam: Sertifikat tanah elektronik permudah pengarsipan

Baca juga: Batam jadi daerah lokus penerapan sertifikat tanah elektronik

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024