Sungailiat (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan seluruh calon jamaah haji asal daerah itu sudah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah.

"Semua calon haji (Calhaj) yang tergabung dalam kelompok terbang 04 dan 05 PLM berjumlah 314 orang sudah sampai di Makkah," kata Panitia Pemberangkatan Jamaah Haji Kemenag Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Senin.

Baca juga: Calon haji Bangka meninggal dunia di rumah sakit Palembang

Hanya saja, kata Gazali, pemberangkatan calon haji ke Makkah dilakukan bertahap, dimana kloter 04 diberangkatkan pada hari Sabtu (25/5) dan kloter 05 pada Minggu (26/5).

"Saat menuju Makkah, seluruh calon haji yang dinyatakan sehat sudah mengenakan pakaian Ihram dan langsung menjalankan ibadah tawaf umrah," kata Gazali.

Sebelumnya, salah seorang calon haji asal Kecamatan Pemali atas nama Umiyana (40) meninggal dunia di rumah sakit Siti Fatimah Palembang pada Sabtu (18/5) pukul 14.40 WIB.

Sementara suami yang mendampingi Umiyana tetap diberangkatkan ke Madinah dan dilanjutkan ke Makkah untuk mengikuti rangkaian ibadah haji.

Baca juga: 149 calon haji Bangka Tengah berangkat ke tanah suci

Baca juga: Kemenag Bangka berangkatkan 314 calon haji pada 15 Mei 2024


Salah satu calon haji kloter 05 PLM, Yuwanda Eka Putera mengatakan kondisi cuaca di Tanah Suci Makkah saat ini relatif panas.

Ia mengatakan baik selama di Madinah maupun di Kota Suci Makkah, pelayanan untuk jamaah calon haji cukup memuaskan, bahkan selama di Madinah menginap di hotel bintang 5 dan di Makkah diinapkan di hotel bintang 4.

Pewarta: Kasmono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024